INFOSEKAYU.COM - Kontribusi dan peran serta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan perekonomian tidak bisa dipandang sebelah mata, hal ini diungkapkan Bupati Muba yang juga Ketua Kamar Dagang Industri (KADIN) Sumsel H Dodi Reza Alex saat menghadiri HIPMI Expo di Atrium Palembang Indah Mall (PIM), Kamis (29/11/2018).


“UMKM sebetulnya cerdas, ulet, dan jatuh bangun terus, namun bangun lagi. Jadi, disitu kekuatan UMKM dan itu kita tingkatkan dari kacamata internasional. Kita harapkan bagaimana dia bersentuhan, ini dapat merangsang kreativitas dan inovasi,” ungkap Dodi.

Dikatakan, peran pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan peran dan kemampuan pelaku UMKM, di samping itu peran HIPMI Sumsel juga sangat penting untuk mewujudkan pelaku UMKM yang berkualitas. “Ayo bergandengan, kita bina UMKM ini dengan getol, apalagi banyak di Sumsel ini produk UMKM yang berkualitas internasional,” jelasnya.

Mantan pimpinan Komisi VI DPR RI ini juga mencontohkan, misalnya saja di Musi Banyuasin yang ada pelaku UMKM berupa kain Gambo Muba dan saat ini sudah dipasarkan di kancah internasional.

“Saat ini saja, Gambo Muba sudah dibawa dan dipasarkan di beberapa negara, diantaranya Perth-Australia, saya mengajak HIPMI Sumsel berdampingan untuk memasarkan Gambo Muba dan membina pelaku UMKM nya ini supaya lebih dikenal lagi di negara-negara lain,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua HIPMI Sumsel Muhammad Akbar Alfaro menyebutkan era kepengurusan HIPMI Sumsel saat ini sudah jalan 2 tahun lamanya, mencoba berbagai inovasi seperti ngopi bareng dan diskusi dengan menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten.

“Lahir ide membuat Expo untuk pelaku UMKM dan memang merupakan sebuah konsen bagi kami untuk membina itu. Bisa mengangkat gerai bisnisnya dengan harapan bisa memberikan kontribusi besar bagi UMKM,” jelasnya.

Lanjutnya, HIPMI Sumsel sangat berterima kasih dengan arahan dan pembinaan dari Kadin Sumsel yang dipimpin oleh H Dodi Reza Alex Noerdin. “Beliau banyak memberikan masukan dengan HIPMI Sumsel, dan HIPMI Sumsel dengan KADIN Sumsel akan terus bergandengan untuk kontribusi di bidang perekonomian di Sumsel khususnya,” pungkasnya. /red/
 
Share To:

Post A Comment: