INFOSEKAYU.COM - Om Jon (60) warga asal Kota Depok Provinsi Jawa Barat, meski dalam keadaan difabel (penyandang diabilitas) mampu gowes, berkeliling Indonesia menggunakan sepeda miliknya. 


Semangat dan keberanian bapak separuh baya itu patut dicontoh, meski dalam kondisi satu kakinya yang tidak sempurna tapi mampu gowes, berkeliling menggunakan sepeda.

Demikian disampaikan Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Asisten Bidang Administrasi Umum, H Ibnu Saad, Ssos, MSi ketika menyambut langsung kedatangan Om Jon di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Muba, Senin (3/12/2018).

"Saya pribadi takjub dengan Pak Jon ini, meski usia sudah paruh baya bahkan dia merupakan penyandang disabilitas, tapi mampu gowes keliling Indonesia, tentunya kita apalagi para pemuda wajib mencontoh semangat nya ini, apalagi untuk kesehatan, gowes ini salah satu cabang kegiatan olahraga, jadi sudah seharusnya kita lakukan rutin," ujarnya.

Dikatakan Om Jon, perjalanannya sebelum singah di Kabupaten Muba, dia sudah melewati Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, Empat Lawang, Pagar Alam, Lahat Muara Enim dan PALI .
Dan perjalanan selanjutnya Om Jon akan diantar oleh Sky Gowes Community bersama Satlantas Polres Muba menuju perbatasan Kabupaten Banyuasin. Kemudian dia akan menuju Kota Palembang dan lanjut ke Bangka Belitung.

"Saya sudah memulai perjalanan untuk keliling Indonesia sejak bulan September, tujuannya untuk memasyarakatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan bersepeda atau gowes. Bersepeda ini bisa dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat, dan merupakan alat transportasi sejak zaman dahulu sehingga tidak ada kemacetan uang terjadi seperti zaman sekarang ini," katanya.

Sementara itu Ketua Sky Gowes Community, Jhony (Aking) yang turut mendampingi Om Jon menemui Pemkab Muba, turut mengpresiasi atas semangat pria paruh baya tersebut. 

"Kami dari Sky Gowes Community turut berbangga hati karena pada kenyataannya olahraga bersepeda ini banyak dicintai oleh berbagai kalangan. Kemudian juga hari ini Om Jon membuktikan seorang penyandang disabilitas mampu berkeliling Indonesia hanya menggunakan sepeda, apalagi kita yang masih tergolong muda sudah seharusnya lebih bersemangat dalam memasyarakatkan bersepeda ini," ujarnya.

Perwakilan Satlantas Polres Muba, Bripka Silaen mengungkapkan rasa bangga dan turut takjub atas semangat Om Jon, "Kami dari Satlantas Polres Muba takjub atas keberanian Om Jon, selain itu juga berguna mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengurangi kemacetan agar bisa menggunakan sepeda untuk jarak dekat, kami siap mengantar dan mengawal Om Jon sampai ke perbatasan Kabupaten Muba menuju Kabupaten Banyuasin," tukasnya. (rel)

Share To:

Post A Comment: