INFOSEKAYU.COM - Kondisi hujan deras dan angin kencang belakangan ini di Kabupaten Musi Banyuasin menyebabkan sebagian wilayah di bumi Serasan Sekate terkena banjir. Hal ini pula yang menyebabkan sebagian warga mengungsi ke dataran tinggi dan ke desa tetangga untuk menghindari banjir.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin merespon cepat kondisi yang dialami masyarakat Muba tersebut utamanya yang menjadi korban banjir, Selasa (18/12/2018) sebanyak 4,5 ton beras dan 585 paket sembako disebar ke beberapa titik pedesaan yang terkena banjir.

"Jangan sampai warga kekurangan pasokan untuk makan sehari-hari, instruksi pak Bupati supaya BPBD Muba dan pihak terkait menyisiri pedesaan yang terkena banjir dan diberikan bantuan makanan untuk kebutuhan sehari-hari," ungkap Kepala BPBD Muba, Haryadi Karim.

Dikatakan, BPBD Muba telah menyisir beberapa titik lokasi banjir dan langsung memberikan bantuan sembako yakni lokasi yang telah diberikan bantuan di antaranya 150 Paket Sembako SP1 Air Balui Kecamatan Sanga Desa, 100 Paket Sembako SP2 Air Balui Kecamatan Sanga Desa, 30 Paket Sembako SP3 Air Balui Kecamatan Sanga Desa, dan 235 Paket Sembako Desa Sumber Jaya Kecamatan Babat Supat.

"Saat menyalurkan bantuan BPBD Muba juga dibantu Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Banyuasin," ulasnya.

Salah satu warga Desa Air Balui, Riswanda (46) mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut sangat bermanfaat bagi keluarga yang terkena banjir. "Sebagian barang di rumah hanyut dibawa air, kami sangat berterima kasih atas respon cepat BPBD Muba dan bantuan yang diberikan pak Bupati," ungkapnya.

Lanjutnya, bantuan yang diberikan sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari sembari menunggu air surut. "Saat ini kami masih mengungsi ke daerah yang tidak terkena banjir," tuturnya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin menghimbau kepada warga yang terkena banjir untuk tidak terlebih dahulu memaksakan diri tinggal dirumah. "Rumah yang terkena banjir tinggalkan, nanti kebutuhan akan dibantu Pemkab Muba. Warga saya minta mengungsi jangan memaksakan diri untuk bertahan dirumah," tegasnya.

Dodi meminta supaya dinas terkait rutin memantau dan berkoordinasi untuk membantu korban banjir. "Dinkes saya minta keliling ke daerah yang terkena banjir, buka posko kesehatan. Jangan sampai kondisi warga sakit-sakitan. Apa yang warga butuhkan harus all out dibantu," pungkasnya. /red/

Share To:

redaksi

Post A Comment: