INFOSEKAYU.COM - Nilai-nilai sejarah dan kelestarian adat terus diupayakan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin untuk dipertahankan dan dikenalkan hingga ke anak-cucu, dalam upaya ini cucu dari pejuang HM Noerdin Pandji tersebut menggandeng Forum Pembina Adat yang ada di Kabupaten Muba.


Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin juga berencana akan membangun rumah adat yakni rumah limas di Sekayu yang nantinya akan dijadikan juga untuk kantor dan operasional Forum Pembina Adat di Kabupaten Muba.

"Ya, di sana juga nanti bisa dijadikan juga seperti museum adat istiadat yang ada di Muba. Bisa nantinya jadi pusat edukasi untuk mengenalkan adat di Muba kepada anak-anak," ungkap Dodi di sela menghadiri Pembukaan Rapat Tahunan Pembina Adat Kabupaten Muba, Kamis (6/12/2018) di Griya Serasan Sekate.

Menurut Dodi, peran serta Pembina Adat di Muba ini sangat banyak, terlebih salah satunya Forum Pembina Adat ini salah satu pihak yang mengusulkan pembuata  Perda Pesta Rakyat. "Alhamdulillah saat ini Perda Pesta Rakyat sudah terealisasi dan mulai ditaati warga," ujarnya.

Dodi mengajak, pihak pengurus Forum Adat di Muba untuk turut andil mensosialisasikan pembangunan-pembangunan yang ada di Muba. "Pemkab Muba dan Forum Adat ini harus berdampingan dan beriringan menjadi garda terdepan merealisasikan Muba Maju Berjaya 2022," kata Dodi.

Sementara itu, Wakil Ketua Pembina Adat Muba KH Yusman Haris mengatakan tujuan dilakukannya rapat tahunan Pembina Adat ini untuk mencapai daya guna dalam pengembangan adat istiadat di Kabupaten Muba.

"Selain itu, juga akan dilakukan pemilihan Ketua Forum Adat yang baru karena Ketua sebelumnya telah meninggal dunia," ungkapnya.

Ia menambahkan, selama dua tahun belakangan ini di era kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin perhatian terhadap adat budaya di Muba ini sangat baik, terlebih Bupati telah mengeluarkan Perda Pesta Rakyat.

"Forum Pembina Adat di Muba akan terus berusaha mendukung kebijakan Bupati dan turut andil menciptakan Muba menjadi daerah yang maju dan sejahtera," pungkasnya.

Pada acara tersebut turut dihadiri Kapolres Muba, AKBP Andes Purwanti SE MM, Kajari Muba, Maskur SH MH, Perwakilan Dandim 0401 Muba, Perwakilan Pengadilan Negeri Sekayu dan Asisten Bidang Pemerintahan, H Rusli SP MM dan seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin. /red/

Share To:

Post A Comment: