INFOSEKAYU.COM - Rentetan duka menyelimuti keluarga mendiang Aa Jimmy, yang turut menjadi korban hempasan tsunami Selat Sunda pada Sabtu (22/12/2018) malam. Hanya putri bungsu komedian asal Cianjur, Radisa Yumna Al Zahra, satu-satunya anggota keluarga yang masih hidup.


Malangnya, bayi mungil berusia dua bulan itu kini hidup sebatang kara. Wajar jika banyak pihak yang tergerak hatinya untuk membantu kelangsungan tumbuh kembang si bungsu. Tak terkecuali Aa Gym.

Ustaz bernama lengkap Abdullah Gymnastiar ini menyatakan kesediaannya menjadi orang tua asuh. Meski sebelumnya, paman Radisa, Dadang Miftah mengatakan bahwa putri bungsu Aa Jimmy akan diasuh sang nenek.

"Aa ikut berbelasungkawa dan menawarkan kalau anak ini nanti sudah siap sekolah, silahkan belajar di Pesantren Daarut Tauhiid tanpa biaya apapun. Insya Allah kami semua yang akan berusaha jadi orang tua asuh anak Aa Jimmy yang yatim piatu," ujar dai kondang bernama asli Abdullah Gymnastiar itu.

Aa Gym pun memberi kekuatan kepada keluarga Aa Jimmy agar ikhlas menerima cobaan berat ini. Ustaz kelahiran Bandung, 56 tahun silam ini, memastikan bahwa bencana yang terjadi merupakan takdir Tuhan.

Aa Gym kemudian berpesan, lebih baik mendoakan para korban daripada membicarakan tentang orang yang sudah wafat. Ia menegaskan, setiap manusia akan mengalami kematian pada waktunya masing-masing dan kita harus meyakini itu.

"Berhentilah berbicara yang tidak baik tentang orang yang sudah wafat, apalagi menyebarkan berita dusta atau bohong. Allah tahu siapa yang berdusta dan pasti akan kembali kepada dirinya. Yang terpenting, pelajaran apa yang bisa kita ambil untuk diri sendiri," jelas Aa Gym.

Ia pun menambahkan, "Akan lebih bermanfaat kalau membicarakan orang yang sudah wafat, kemudian menjadi evaluasi diri agar lebih siap. Kita jangan takut dengan gempa, tsunami, atau musibah yang bersifat duniawi. Tapi, kita harus takut kena musibah iman, yang tidak yakin ini terjadi atas izin Allah."

Diketahui, Aa Jimmy dan sang istri, Hetti Nur Ilah, serta anak pertama dan keduanya, Radea Putri Aninditya dan Naisya Rafani Aradya, tewas usai tsunami yang melanda pesisir pantai di Selat Sunda. Pada Sabtu (22/12/2018) malam, mereka menghadiri acara gathering karyawan PLN di Tanjung Lesung, Anyer, Banten.

Aa Jimmy duet bersama Ade Jigo sebagai pembawa acara tersebut. Hanya si bungsu Radisa tidak ikut ke panggung acara dan menunggu di penginapan bersama sang pengasuh, Idah Haridah. Mereka berdua selamat karena Idah sempat menggendong Radisa untuk mengamankan diri.

Setelah satu per satu ditemukan, jenazah Aa Jimmy, istri serta kedua anaknya kemudian dimakamkan di TPU Sirnalaya 1, Kelurahan Sawahgede, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. /red/


Share To:

Post A Comment: