INFOSEKAYU.COM - Ada penghuni baru yang kini menghuni Rumah Dinas Bupati Muba. Ya, ada enam ekor rusa totol (Axis axis sp) pemberian Sekretariat Istana Kepresidenan Bogor yang kini dipelihara di lingkungan kediaman Rumah Dinas Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex, Sekayu.


Sedikit untuk mengenalkan, rusa totol bukanlah fauna asli Indonesia melainkan berasal dari India dan Sri Lanka. Binatang yang lucu dan cantik ini didatangkan oleh Thomas Stanford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris, pada tahun 1814 pada waktu itu untuk menempati halaman Istana Bogor dan dikembangbiakkan di sana.

Rusa totol disebut juga sebagai cheetal atau rusa chital. Dalam bahasa Inggris fauna identitas kota Bogor ini disebut sebagai Chital, Axis Deer, Indian Spotted Deer. Dalam bahasa ilmiah (latin) rusa yang satu genus dengan Rusa bawean ini disebut Axis axis.

"Ciri rusa totol (Axis axis) yang membedakan dengan jenis rusa lainnya adalah terdapatnya totol-totol putih pada rambut tubuh (bulu) yang berwarna coklat," ungkap  Kabag Humas Herryandi Sinulingga Ap.

Ditambahkan Sinulingga, warga Musi Banyuasin saat ini tak perlu jauh jauh ke Bogor atau pergi ke Istana Bogor untuk melihat Rusa Totol. "Rusa totol sekarang bisa jadi tontonan masyarakat Musi Banyuasin, warga yang penasaran dapat langsung melihat jenis rusa ini di halaman Pendopoan Bupati Musi Banyuasin ini," bebernya.

Pemberian Rusa Totol tersebut tertuang dalam Surat BAST- 233/Setpres/l-Bgr/PB.06.OO/12/2018
yang ditandatangani Kepala Istana Kepresidenan Bogor Erwin Wicaksono.

"Ya, ada enam ekor Rusa Totol bantuan milik Negara yang diserahkan pihak Sekretariat Istana Presiden Bogor," ujar Kabag Umum Pemkab Muba, Deny. Dan penyerahan tersebut dilakukan pada Minggu (23/12/2018), yakni dua ekor Rusa Totol jantan dan empat ekor rusa totol betina. /red/

Share To:

Post A Comment: