INFOSEKAYU.COM - Kepala Puskesmas Jirak, Heryanto, SKM, M.Kes, menyatakan pihaknya sedang berupaya koordinasi bersama lintas program dan seluruh staf untuk melaksanakan pendataan  keluarga sehat.


"Dalam pelaksanaannya, seluruh anggota ASN dan Nakes (tenaga Kesehatan-red) diterjunkan. Mulai dari dokter, perawat, bidan, gizi, sanitasi,dan promkes. Semua Terlibat. Kami akan datang dari rumah ke rumah" ungkap Heriyanto, saat ditemui di kantornya.

Ditegaskannya survey yang dilakukan bukan hanya sekedar membawa selembaran kertas untuk mencatat kondisi kesehatan Keluarga.

Heri juga menambahkan, bahwa timnya akan membawa instrumen alat kesehatan secukupnya, untuk dilakukan pemeriksaan. Kalau memang ada anggota keluarga yang notabene memiliki risiko tinggi seperti lansia, petugas Puskesmas akan memeriksa gula darahnya. Kalau ada indikasi  asam urat, diperiksa juga asam uratnya.

"Jadi, untuk pelaksanaan asam urat dan gula darah, kalau ada indikasi. Kalau tensi, semua anggota keluarga," imbuhnya.

Kebetulan di wilayah Puskesmas Jirak, penduduk lansianya banyak. Jadi, kasus kesehatan yang ada rata-rata seperti diabetes melitus dan hipertensi.

Nah, di samping itu,untuk permasalahan lansia penderita diabetes melitus dan hipertensi, Puskesmas Jirak melaksanakan program Prolanis atau pengelolaan penyakit kronis. Kegiatannya yakni senam lansia di lapangan depan Puskesmas jirak dengan mandatangkan guru senam. Selain senam, diadakan  pemeriksaan laboratorium kepada seluruh lansia.

Kegiatan ini nantinya, juga sebagai evaluasi dari beberapa kegiatan yang telah kita lakukan di tahun sebelumnya, di antaranya mengenai kesehatan lingkungan, di  tahun 2018.

"Dengan bantuan berbagai pihak, kami telah melakukan di salah satu desa. Yaitu desa Baru Jaya. Sebuah kegiatan untuk memotivasi masyarakat untuk memiliki jamban sehat. Yakni dilakukan arisan jamban sehat. Sebagai bentuk promotor dalam bidang sanitasi," imbuhnya.

Selain itu, di tahun 2019 ini, ia merasakan semua kegiatan ke desa dan sekolah semakin dipermudah. "Dikarenakan akses jalan menuju desa dan sekolah di wilayah kerja kami, terus dilakukan perbaikan oleh Pemerintah," pungkasnya. /red/

Share To:

Post A Comment: