INFOSEKAYU.COM - Berbagai usaha untuk menghasilkan energi hijau yang terbarukan terus dilakukan. Kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) menjajaki kerja sama dengan PT Generasi Bangsa Indonesia (Gasindo).


Bentuk kerja sama ini untuk penggantian lampu penerangan jalan umum, fasilitas umum dan perkantoran Pemkab Muba dengan metoda EPC atau pembiayaan bertahap selama 5 hingga 20 tahun.

“Kami selaku perusahaan pemrakarsa yang menawarkan jasa penggantian menyeluruh lampu PJU dengan metode EPC atau pembayaran bertahap yang menjamin biaya energi yang rendah, biaya investasi, biaya perawatan dan teknologi smartcity untuk PJU,” kata perwakilan PT Gasindo, Aria saat persentasi di hadapan Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi, MSi di Ruang Rapat Randik, Selasa (26/2/2019).

Dijelaskannya, kerja sama ini memegang prinsip saling menguntungkan, apabila study energi menghasilkan angka negatif atas ROI proyek pergantian lampu penerangan, maka Pemkab Muba dibebaskan dari segala biaya study energi yang dikeluarkan PT Gasindo.

Namun apabila ROI-nya angka positif, maka seluruh biaya yang dikeluarkan akan mengikuti ketentuan Perpres Nomor 38 tahun 2015 tentang kerja sama pemerintah dengan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur.

“Ini merupakan solusi pembiayaan terbaik untuk mengurangi pemakaian energi tanpa mengurangi kualitas dan standar pencahayaan yang ada. Kami juga menjamin bahwa lampu tidak akan padam 2×24 jam jika terjadi kami akan dikenakan pinalti,” kata Aria.

Menanggapi persentasi tersebut, Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi, MSi mengatakan Pemkab Muba menginginkan lampu jalan ini dinikmati semua orang.

Namun kenyataan di lapangan banyak yang tidak hidup, rusak dan tidak dilaporkan. Hal ini merugikan pemerintah yang setiap bulan membayar tagihan PLN berdasarkan jumlah titik lampu bukan jumlah pemakaian.

“Setelah mendengar persentasi tadi, kami tertarik membangun kerja sama dengan PT Gasindo dikarenakan tidak membebani APBD. Penawaran yang diajukan ini akan  kami dipelajari dahulu,” katanya.

Apriyadi meminta rencana kerja sama ini dibicarakan terlebih dahulu secara detail dan jika sepakat akan ditindaklanjuti dengan penandatangan MoU antara Bupati Muba dengan PT Gasindo. /red/


Share To:

redaksi

Post A Comment: