InfoSekayu.com- Bagi yang sedang menjalani hidup sehat, pasti nasi merah jadi pilihan. Soalnya nasi merah punya kandungan serat yang lebih banyak ketimbang nasi putih. Jadi, kita akan merasa kenyang jauh lebih lama sehingga bisa menghindari kita dari konsumsi makanan lain secara berlebih. Karena itu, nasi merah juga identik dengan orang yang sedang diet. Tapi ada beberapa orang yang merasa kurang cocok makan nasi merah. Soalnya nasi merah teksturnya lebih kasar dan kalau tidak dimasak dengan benar, pasti jadi keras. Nah, kalau mau masak nasi merah, lihat tips yang satu ini dulu agar tidak keras, ya!
1. Gunakan air yang lebih banyak
Mau dikukus dengan dandang atau menggunakan rice cooker, semua sah-sah saja. Asal jumlah air yang digunakan lebih banyak daripada saat memasak nasi putih. Buat perbandingan sebanyak 3:1, yaitu 3 gelas air untuk 1 gelas beras merah. Hal ini bertujuan agar nasi merah jadi pulen dan tidak keras.


2. Dicampur dengan beras putih
Mencampur beras merah dan beras putih juga bisa membuat hasil nasi merah jadi tidak keras. Perbandingannya bisa 1:2 dan bisa disesuaikan mau lebih banyak menggunakan beras yang mana. Penggunaan airnya pun tergantung dari beras. Jika lebih banyak menggunakan beras merah, maka penggunaan airnya tetap harus lebih banyak. Pencampuran ini bisa jadi cara bagi Anda yang baru mau mengganti nasi putih ke nasi merah. Jadinya, lidah tidak kaget karena tiba-tiba berganti nasi.

3. Selalu dalam keadaan hangat
Kalau memasak nasi merah dengan cara dikukus, setelah matang, segera pindahkan ke rice cooker, ya! Karena kalau dibiarkan pada suhu ruang, nasi merah akan cepat mengeras. Lebih baik selalu simpan nasi merah dalam keadaan hangat agar tetap empuk dan tahan lama.
Demikian tips agar nasi merah tidak keras. Saatnya memulai hidup sehat. Semoga tips ini bermanfaat! (Edp)


Share To:

Post A Comment: