Lisa dan Tino saat duet mengudara
Sekayu, infosekayu.com - Lisa Dengan Nama Aslinya Elisa Anwiana, SE adalah anak pertama dari 2(dua) bersaudara. menempuh pendidikannya berawal dari SD Negeri 26 Desa Harapan Bengkulu, SMP Negeri 11 Bengkulu dan SMK Negeri 1 Sekayu. Awal mula dirinya bisa menginjakkan kaki di bumi Serasan Sekate ini, karena  pindah ke Kota Sekayu dimana kota Sekayu merupakan kota asal ayahnya sedangkan ibunya adalah berasal dari jawa,dan pada saat itu Lisa masih duduk di bangku SMP kelas 2 dan dirinya pindah di SMP Negeri 5 Sekayu, setelah dirinya menyelesaikan pendidikannya memilih untuk melanjutkan di sekolah SMK Negeri 1 Sekayu Jurusan Akuntansi,dan meneruskan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu dengan mengambil Program Studi S1 Akuntansi.

Disela-sela aktifitas kuliahnya berinisiatif untuk mencari pengalaman kerja dengan mencoba bekerja sebagai penyiar radio swasta yang ada di Sekayu. Menjadi seorang penyiar radio memang sudah menjadi impiannya bahkan dulunya dia merasa bahwa dirinya tidak akan mungkin menjadi penyiar radio apa lagi dirinya seorang pendatang di kota Sekayu ini, namun tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, terbukti dirinya diterima sebagai penyiar radio,disinilah awal dirinya bertemu dengan sosok Tino yang menjadi satu team diradio yang sama, karena berfokus pada skripsinya maka Lisa memutuskan untuk resign menjadi penyiar radio. Setelah berhasil menyelesaikan kuliahnya dirinya mencoba ikut audisi penyiar di radio swasta yang baru berdiri di sekayu, dan lagi-lagi dirinya bertemu dengan Tino, dan entah kebetulan atau memang sudah takdirnya Lisa dan Tino diterima dan masuk dalam deretan nama-nama yang lolos dalam audisi tersebut, hal itu yang membuat persahabatan Lisa dan Tino semakin dekat, karena kedekatannya pula mereka sudah menganggap sebagai saudara sendiri.

Selama kurang lebih 1,5 tahun Lisa dan Tino bersama bekerja sebagai penyiar radio di tempat yang sama, namun ibarat pepatah mengatakan bahwa ada suatu pertemuan pasti ada perpisahan, begitu juga dengan mereka, Tino yang resign karena kesibukannya sebagai sales, dan tak lama pula studio radio tersebut pindah lokasi di luar Kabupaten Musi Banyuasin. Selama kurang lebih 1 tahun mereka putus komunikasi dan susah untuk bertemu, namun pada awal tahun 2013 dirinya memperoleh informasi bahwa dibuka Audisi Penyiar dan Reporter untuk Radio Gema Randik, dan saat itu pula Lisa mendaftar Audisi tersebut. Namun hal yang tak terduga kembali terjadi, dimana pada saat audisi berlangsung dirinya bertemu dengan Tino lagi, dan pada saat itu juga Tino mengikuti audisi tersebut, setelah berbagai tahap penyeleksian dirinya dan Tino ikuti, tanpa diduga selang beberapa hari keduanya diterima menjadi Team Radio Gema Randik, dimana pada saat itu Lisa diterima sebagai penyiar radio sedangkan Tino diterima sebagai reporter, hingga saat ini mereka tetap satu team.

Berikut ini petikan hasil dari wawancara tim infosekayu.com dengan sosok Lisa yang penuh dengan inspirasi. 


“Banyak ughang nganggap amon Lisa tu anak yang manja, dem tu gades tunak, pendiam, tapi dengan anggapan itu aku jadi termotivasi amon aku pacak buktike kalau aku bukan mak yang diomongke ngen ughang, dengen jadi penyiar ikaklah aku pacak mbalekke omongan ngen anggapan ughang tu, memang beno nia amon jadi penyiar tu dak semudah mbolak balikke telapak tangan, segala sesuatu yang kitek inginke, kitek impike galek-galeknye butuh proses, butuh perjuangan ngen pengorbanan. Mon netahke profesional memang seorang penyiar radio tu dituntut bersikap profesional, misalnye kitek dang banyak nia masalah, nak sedih,mencak ujo wong nia tu dang galau hehehe...., tapi kitek mon dang siaran dak pacak nak ngunde suasana hati yang dak tekeruan,masalah pribadi dimeja siar, pokoknye kitek harus tedengo netral, senang, cak dak suwek masalah, pokoknye harus fokus siaran mon waktunye tawe ao ketawe mitu.
"Hahahahaha..Amon ditanye cito-cito dulu aku waktu kecik pingin jadi artis soalnye dikenal banyak ughang jadi banyak yang penasaran dengan kitek hahahahha.allhamdulilah mikak kesampaian pacak dikenal banyak ughang lewat suare meski dak masuk tv tapi lah sangat bersyukur nian. impian bukan sebatas mimpi.

“Amon ditanye suka duka jadi penyiar radio tu dukanye amon kitek dang dak lemak perasean mon jo ughang nia tu dang galau, soalnye makmane careknye kitek siaran radio tu dak kenan mon kitek dang galau hahahaha...,same ujo tino tu nia amon dang lemak-lemaknye siaran dang ngomong mati lampu nah itu yang bikin kesal ati, tapi mon sukanye jadi penyiar tu wadah inspirasi kitek, tempat menghibur diri pulek ape lagi mon la bekelakar same pendengar via telepone, serasek dang bekelakar ngen kawan dewek, ape lagi penyiar radio tu same bae berperan dibelakang layar jadi lemaknye tu mon dibelakang layar kitek pacak berekspresi dengan leluasa tanpa ditelek ughang tapi hasil karya kitek dinikmati ughang."

Kesan pertame jadi penyiar radio neter asek awak,gugup dak tau ndak ngomong ape,  jadi kapan lom siap on air, aku di suruh bajo siaran dulu dengan merekam suareku terus di dengoke. mon lah akor baru boleh siaran surang. terus masalah gaji  dulu pertame siaran di radio swasta jadi gajinye diitong per jam dak suwek yang namenye gaji pokok mencak sekarang, itu bae aku ladas nian karne suareku pacak dengo wang banyak. mecak artis  sekalian nyari pengalaman pulek".

"Amon ditanye mengenai pemeran Lisa di iklan Radio Gema Randik Sekayu, mon aku ngerasek cak dak caye karne waktu itu, awalnye buat iklan trans muba, nah ade ide suare kami di ubah bae jadi budak kecik, terus sampe mikak. Banyak yang masang iklan ndak versi tino lisa nia. Apelagi meranke sosok budak kecik yang namenye Lisa tu, soalnye sosok Lisa di iklan tu meranke budak kecik yang selalu ceria, nyenyes, centil mon ujo ugang malaysia tu Comel, tapi sosok Lisa tu budaknye bebal nia, dak olah nyambong-nyambong namek yang ditetahke ughang dem tu dak olah dapat juara, tapi setia kawan, anaknye ughang besen.pokoknye bertolak belakang nia dengan karakter aku aslinye hehehhe tapi alhamdulillah pacak diterime pendengar.

"Nah pengalaman menarik jadi sosok Lisa di iklan tu same be mencak yang Tino,banyak yang tebudi,terus waktu itu suruh benyanyi cicak cicak dinding...suruh ngomong suarenye cak lisa.dem tuh, di ngajk befoto barang sampai di tarik-tarik..dem tuh lucunye, waktu  siaran,randikers ngmong  ngirim salam spesial untuk lisa , mbak..ngefans nian, cak mane mbak ndak ketemu dg lisa? hahhahahah, padahal mereka dak tau amon lah betemu dengan lisa, lah ngmong langsung haha. karena mereka dak tau yang jadi lisa itu mbak ayudia inara heheeh karena mereka berfikir amon Lisa tu aslinye budak kecik bukan besak mikak hahaha.

“kalau di tanye soal hobby, aku ikak hobbynye selfie karena  galak ngirim foto selfie  untuk milu lomba allhamdulilah dapat juara terbaik.terus hobby akting  waktu itu pernah milu boys and girls dapat juara berbakat.karena waktu kuliah dulu  galak ikut teater putri cindai pulek. dem tuh hobby nulis puisi ,cerpen dari bangku sekolah,kuliah sampe mikak galak milu lomba baik di tingkat kabupaten dan luar kabupaten hingga tingkat nasional allhamdulilah menang juara 1 apelagi amon ku bace puisi waktu disekolah ape di kampus. uji kawanku begetar bomi, hehehe dengan hobby ikak aku pernah milu organisasi  arus musi ( seni dan budaya muba). 



“selain jadi penyiar, sering menggunakan waktu libur untuk menulis novel, Dengan Berinsipirasi lewat kata-kata itu indah, bermain dalam kata dan rasa. Soalnye  amon berbagi cerito dengan manusio galak kecewa, jadi lemak berbagi lewat tulisan, mecak hidup diantara banyak kata yang harus di rangkai dalam satu,mecak itulah kehidupan  tuh kire-kire

Tak lupa di akhir sesi tanya jawab kami meminta secara khusus kepada Tino dan Lisa untuk memberikan semacam kata inspiratif sebagai penutup wawancara ini. 

Dan inilah quotes nya; “jgn pernah merasa puas dengan yang di dapatkan saat ini karena semua adalah titipan.jangan pernah berkata tidak mungkin untuk menginginkan sesuatu apalagi takut untuk menghadapi dunia. karena di dunia ini semua bisa terjadi asal kita ada keyakinan terutama pada diri kita sendiri, maka janganlah dunia yang menggenggammu tapi kamulah yang menggenggam dunia." Tutup Lisa.

"Kegagalan dalam hidup itu adalah hal yang biasa. Yang luar biasa adalah bagaimana kita belajar dari kegagalan itu untuk berhasil.Berbahagialah ketika gagal karena disana Allah memberikan pelajaran ketulusan.Jangan mudah berputus asa karena putus asa dekat dengan kemiskinan dan jangan salahkan diri anda jika anda terlahir dari keluarga yang miskin tapi salahkanlah diri anda jika suatu saat nanti anda meninggalkan dunia ini dalam kondisi miskin".Tutup Tino.

Dari penuturan Tino dan Lisa sebagai bintang iklan Radio Gema Randik ternyata keduanya memiliki banyak kesamaan dimana mereka sama-sama keturunan orang jawa, sama-sama pendatang di kota Sekayu, selalu bertemu di radio yang sama, sama-sama lulusan S1 Akuntansi dengan kampus yang sama. Selain itu prestasi yang dirah juga memiliki kesamaan.sama-sama hobi menulis Puisi,Cerpen,Novel seperti prestasi Lisa yang pernah meraih juara 1 Lomba Cipta Puisi Dan Lomba Cerpen untuk di kabupaten Musi Banyuasin hingga Luar Kabupaten  Musi Banyuasin, sedangkan Tino sebagai Juara Satu Karya Tulis Cerpen di tempat dan moment yang sama, selain itu Tino juga sudah pernah menjuarai berbagai lomba cerpen tingkat nasional dan satu kali menjuarai lomba karya tulis Novel tingkat mahasiswa seindonesia. dengan latar belakang kehidupan yang sama inilah hubungan persahabatannya menjadi satu keluarga layaknya adik dan kakak. (NL)

Share To:

redaksi

Post A Comment: