Serasan Jaya, infosekayu.com - Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 di Kabupaten Musi Banyuasin di Peringati di Halaman Kantor Pemerintah Daerah (Pemda), Senin (30/10/2017). Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex dan hadiri FKPD, serta diikuti oleh OPD, TNI, Polri, ASN, Satpol-PP, Damkar, Linmas, Dishub, OKP dan Pelajar SMP-SMA.
 
Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan Bupati Muba menjelaskan betapa sulitnya perjalanan sejarah 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air lintas suku, agama dan daerah untuk berkumpul di sebuah gedung di jalan kramat raya daerah Kwitang Jakarta untuk mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia.

"Bukan hanya bertemu tapi mereka juga berdiskusi, bertukar fikiran, mematangkan gagasan hingga akhirnya bersepakat mengikrarkan diri dalam komitmen ke-Indonesiaan. fakta sejarah menunjukkan bahwa sekat dan batasan tersebut tidak menjadi halanganbagi para pemuda Indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia, inilah yang kita sebut dengan Berani Bersatu," jelasnya
 
Ia juga mengutip pesan yang pernah disampaikan oleh Presiden Indonesia Bung Karno mengatakan Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda, kalau sekedar mewarisi api sumpah pemuda, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air, tapi ini bukan tujuan akhir.

"Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah pelah persatuan dan kesatuan bangsa,"tutupnya
Share To:

Post A Comment: