Sekayu, Infosekayu.com- Hampir setiap pasangan yang serius menjalani sebuah hubungan asmara memiliki satu tujuan akhir yaitu ke jenjang pernikahan. Pernikahan adalah salah satu komitmen terbesar dalam hidup. Ada banyak yang harus dipertimbangkan, termasuk keseriusan pasangan Anda. Pasalnya, lama waktu berpacaran saja tidak bisa dijadikan jaminan apakah si dia benar serius untuk berumah tangga atau masih sekadar ingin “cek ombak”.
Tapi, dengan tingkat perceraian yang semakin tinggi, membuktikan pernikahan bukanlah hal mudah untuk dijalankan. Walau begitu, pernikahan bukanlah sesuatu yang harus dihindari.
Salah satu hal yang bisa membuat pernikahan bisa berjalan dengan langgeng adalah komitmen yang tinggi. Tidak sampai di situ saja,  ada hal-hal lain yang bisa membuktikan bahwa Anda dan pasangan siap untuk menikah. Ini tanda-tandanya Anda dan kekasih telah siap untuk menjalankan kehidupan rumah tangga.
Jika anda peka terhadap pasangan, pasti beberapa hal ini sering dijumpai dalam hubungan yang sekarang anda jalani. Meski kelihatan sedikit berlebihan namun inilah yang membuktikan kalau pasangan kita sudah siap menjalin hubungan yang lebih jauh atau tepatnya doi siap untuk menikah dengan anda. Berikut 5 hal yang perlu anda perhatikan, antara lain sebagai berikut:
1. Pasangan berkomitmen hanya pada Anda
Komitmen menjadi pondasi utama dalam sebuah hubungan. Berkomitmen berarti membangun ikatan atau perjanjian pada suatu hal maupun seseorang. Ketika Anda sudah mantap berkomitmen, Anda harus menjaga janji-janji tertentu yang Anda buat untuk seseorang.
Komitmen inilah yang bisa memberi tahu Anda apakah si pacar benar-benar serius dengan Anda atau hanya main-main. Anda bisa mengajak pasangan berdiskusi mengenai hal ini dan memastikan apa visi, misi dan tujuan akhir dari hubungan ini.
Jika Anda dan pasangan memiliki perbedaan mendasar dalam keyakinan, visi dan misi, moral dan gagasan, hal ini akan menyebabkan isu berkelanjutan dalam rumah tangga Anda yang nantinya mungkin akan semakin sulit untuk ditangani. Misalnya saja, tidak mampu menyepakati pola asuh untuk membesarkan anak-anak Anda nanti.
2. Dia memiliki rencana masa depan dengan Anda
Pasangan yang serius dan berkomitmen biasanya memiliki bayangan yang jelas dan terinci seputar masa depannya, harapan dan impiannya. Kehadiran dan posisi Anda dalam perencanaan hidupnya pun jelas terpatri.
Jika ia bisa melihat jauh ke depan lihat dan yakin bahwa ia menginginkan Anda untuk terlibat dalam setiap momen di hidupnya, baik buruknya misalnya, menabung untuk membeli rumah berdua, membuka akun rekening rumah tangga, rencana cadangan ketika si dia harus pindah tugas ke luar kota atau bahkan luar negeri, hingga rencana pensiun atau asuransi kesehatan. Itulah tandanya ia siap menikah dengan Anda.
Tapi ingat, jika si dia sudah membeberkan semua recana hidupnya secara gamblang, pastikan Anda rela untuk berkompromi demi tercapainya tujuan dan rencana bersama ini.
3. Dia mengenalkan Anda pada keluarga dan sahabatnya
Jika si dia sudah membawa Anda ke rumahnya untuk mengenalkan Anda pada anggota keluarganya, ini merupakan tanda bahwa ia serius dengan Anda. Ia tidak ragu atau bahkan malu mengenalkan Anda sebagai calonnya di masa depan.
Artinya, ia ingin Anda tidak hanya menerima baik-buruk dari dirinya saja, tetapi juga menerima kondisi keluarganya, begitupun sebaliknya. Ia ingin seluruh keluarganya mengenal dan menyayangi Anda.
4. Dia memusatkan perhatian pada Anda
Mungkin kalimat tersebut terdengar klise. Tetapi, pasangan yang serius akan berkata dan memperlakukan Anda sebagai satu-satunya orang yang ia inginkan untuk menghabiskan sisa hidup bersama.
Namun ini bukan hanya sekadar ucapan manis di lidah. Ia tahu dirinya tidak bisa bahagia jika hidup dengan orang lain. Oleh karena itu, ia akan berusaha sekeras mungkin untuk menunjukkan tingkah laku dan perlakuan yang setara dengan ucapannya. Anda sendirilah yang paham benar pasangan Anda luar dalam. Maka, Anda bisa melihat ketulusan, keseriusan, hingga kebohongannya dari gerak-gerik dan matanya.
Di saat yang bersamaan, mencintai bukan berarti memiliki. Ia mencintai Anda, benar, dan dirinya pun sebaliknya. Rasa cinta yang tulus ini membuatnya tidak lagi perlu merasa khawatir atau cemburu buta tentang apa yang Anda lakukan ketika tidak berada di sampingnya. Ia tidak sedikit pun meragukan kesetiaan Anda ketika pergi bersama teman-teman, misalnya. Gwendolyn Seidman, Ph.D., seorang psikolog profesor dari Albright College di Amerika mengatakan cemburu sesungguhnya bukanlah tanda cinta.
Ia paham benar bahwa, terlepas dari kehidupan rumah tangga, Anda dan pasangan bukanlah sepasang kembar siam yang harus melakukan apapun berduaan. Dirinya mempercayai Anda sepenuh hati. Ia hanya sangat merindukan dan bersemangat menantikan kepulangan Anda ke pangkuannya.
5. Pasangan Anda terbuka soal segala sesuatu
Salah satu tanda bahwa si dia mungkin tidak siap menikah adalah jika ia menutupi rahasia penting dari Anda. Rahasia yang dimaksud bisa termasuk siapa orang-orang terdekatnya (yang paling banyak menghabiskan waktu bersama-sama), informasi soal keuangan pribadi, masa lalu atau kecenderungan penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol.
Pasangan yang serius biasanya akan menceritakan segala hal yang dirasakan, baik itu kesenangan maupun kesedihan. Hal ini terjadi karena dia sudah memiliki kepercayaan penuh pada Anda. Kepercayaan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan rumah tangga, jadi pastikan bahwa Anda berdua saling mempercayai sepenuhnya. (im)
Share To:

redaksi

Post A Comment: