INFOSEKAYU - Mewakili  Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin yang Juga  selaku Ketua Umum LTKL, Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi berbuka puasa makanan khas Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, di Kaum Restoran Menteng Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

Buka Puasa tersebut dalam rangka Pertemuan High-Level "A Taste of Kalimantan: Eksplorasi Rasa dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Kalimantan Barat yang diikuti anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

Kuliner lestari Sintang yang disajikan pada buka puasa bersama ini diantaranya Ayam Kampung Masak Liak, Ikan Asam Pedas Khas Sintang, Ikan Goreng Kecombrang, Kalio Daging Sapi, aneka Sambal Ikan Lais, Nasi Merah Sintang, dan minuman Bajigur Krayon.

Beni Hernedi mengucapkan selamat kepada Kabupaten Sintang pada ajang promosi kuliner daerah di Ibu Kota Jakarta.

Ia mengatakan semua anggota LTKL sudah sepatutnya saling mendukung atas potensi yang ada di daerah. "Mari kita bersama-sama gencarkan promosi kuliner khas Nusatara sebagai ajang promosi daerah kita masing-masing seperti di daerah  kami Musi Banyuasin juga memiliki makanan khas yang tidak kalah menarik dan rasanya Maknyus," ujar Beni.

Beni mempromokan makanan khas Musi Banyuasin seperti ikan Pindang Sungai Musi, ikan salai, tempoyak (fernentasi dari buah durian-red), rusip, dll.

"Mari kita gaungkan bersama-sama kuliner khas daerah kita masing-masing sebagai kebanggaan daerah," ajak Beni.

Ia menambahkan, "Dalam kesempatan yang baik ini, Kami bangga dapat merasakan nikmat sensani kuliner kabupaten Sintang sebagai menu berbuka puasa kita dan untuk potensi kabupaten Sintang lainnya. Kami tertarik dan akan mencoba panjat tebing Bukit Kelam, pada Kelam Tourism Festival pada bulan Juli 2019 nanti," ujar Beni yang juga sebagai Ketua Panjat Tebing Provinsi Sumatera Selatan.

Lanjut Beni di Muba juga banyak yang akan dikembangkan seperti yang saat ini tengah digarap Pemkab Muba, inovasi pengolahan inti buah kelapa sawit menjadi bahan bakar nabati Biofuel, dan aspal campur karet.

Yang mana bertujuan untuk mengangkat nilai jual komoditas itu, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Ketua Panitia Destri Arianti menuturkan Kabupaten Sintang merupakan salah satu pengurus tahun 2017-2020 LTKL, dan kegiatan diselenggarakan dalam rangka untuk mendorong dan mempromosikan kuliner daerah kabupaten Sintang di Jakarta.

"Salam bulan ramadhan menu makanan dan minuman Sintang ini disajikan. Total penjualan di hari pertama bulan puasa, ternyata 433 total penjualan telah dicapai. Saya sendiri sangat bahagia kuliner Sintang bisa sampai disini dan dikenal orang Jakarta, dan harapan nya dari pertemuan ini bisa mendapatkan mitra dari anggota LTKL," ungkap Destri.

Selaku tuan rumah Asisten III Kabupaten Sintang Drs Marchues Afen MSi mengatakan terselenggaranya kegiatan tersebut adalah tindak lanjut dari kunjungan Kaum Restoran Ke Kabupaten Sintang beberapa bulan yang lalu.

"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing daerah melalui wisata kuliner dan mempercepat penyampaian informasi-informasi wisata di Kabupaten Sintang baik kuliner maupun wisata alam," tandasnya. /red/


Share To:

Post A Comment: