INFOSEKAYU - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin  (Muba) melalui pengurus KONI, PSSI, PBVSI dan FPTI Kabupaten Muba bekerjasama menggelar Festival Bongen ke 2 tahun 2019, dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesi ke-74.


Jumat (9/8/2019) sore bertempat di Sekayu Water Front, mewakili Bupati Muba H Dodi Reza Alex, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Rusli SP MM membuka secara resmi Festival Bongen ke dua ditandai dengan penyerahan Bendera KONI secara simbolis yang dibawakan oleh atlet Panjat Tebing Muba dengan menggunakan Flying Fox.

Dalam sambutan Bupati Muba, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra mengungkapkan apresiasi atas penyelenggaraan turnamen ini, selain merupakan ajang rekreasi dan hiburan juga sebagai bagian untuk memperkenalkan sepak bola pantai atau Bongen (Beach Soccer Championship), voli pantai (beach volley ball), flying fox dan renang perairan terbuka (Open Water Championship).

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa olahraga tersebut di Indonesia merupakan olahraga baru di masyarakat. Untuk itu perlu usaha dan kerja keras dari kita semua dalam emmajukan cabang olahraga ini. Melalui festival bongen ke 2 tahun 2019 setidaknya memberikan kegiatan yang positif untuk wadah memperkenalkan cabang olahraga ini di lingkungan Kabupaten Muba umumnya dan Sekayu pada khususnya," ucap Rusli.

Rusli juga berpesan kepada para peserta bahwa meraih juara bukan tujuan utama, akan tetapi yang lebih penting adalah bermain dengan hati yang senang dan ikuti setiap peraturan pertandingan.

"Keikutsertaan dalam pertandingan ini adalah kesempatan yang sangat berharga, untuk itu gunakan dengan sebaik-baiknya. Juga kepada para wasit/juri saya berpesan untuk bertugas dengan jujur, tegas dan obyektif sehingga pertandingan ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Semoga pertandingan ini selnajutkan akan terus berkelanjutan untuk tahun yang akan datang," pungkasnya.

Lanjutnya, "Bongen atau pantai musiman Sekayu ini merupakan aset dan potensi pariwisata di kabupaten Muba, maka dari itu mari kita jaga dan manfatakan, jadikan agenda festival tahunan di Muba. Saya berpesan kepada masyarakat yang datang kesini, mari kita jaga dengan kebersihan, jangan buang sampah sembarangan sehingga nampak rapi dan tidak kotor,"pesannya.

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Muba Raplen ST menjelaskan beberap tim turut serta dalam setiap cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Adapun peserta yang mengikuti turnamen volly ada dari tim Palembang dan Muba dengan jumlah peserta 25 tim. Kemudian beach Soccer berjumlah 19 tim dari Muba sementara untuk renang perairan belum dibuka untuk umum karena berisiko tinggi, maka melibatkan atlet yang sudah terlatih. Turnamen akan berlangsung dimulai tanggal 9 hingga 13 Agustus 2019 pukul 16.00 WIB di Pantai Bongen Sekayu Water Front," bebernya. /red/


Share To:

Post A Comment: