SEKAYU, INFOSEKAYU.COM - Semenjak pandemi Covid-19 ada banyak kegiatan dalam tatanan baru yang menuntut kita untuk lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas namun tetap produktif yang kita lakukan guna meminimalisir covid-19. 

Berbagai aplikasi buat untuk mempermudah segala kegiatan untuk mengurangi tatap muka.Juga membuat menjadi lebih canggih dan lebih memahami ilmu teknologi (IT). Seperti Sosialisasi Pembinaan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Sosialisasi Aplikasi Sistem Pengelolaan Kepegawaian Terpadu (Songket) oleh Kantor Regional VII BKN Palembang hari ini, Kamis (9/7/2020) bertempat di Virtual Room Dinkominfo Muba. 

Pada kesempatan tersebut  Kepala BKPSDM Muba Sunaryo SSTP MM mengatakan menyambut baik adanya aplikasi Songket yang merupakan sistem pengelolaan kepegawaian terpadu secara online.

"Ada hikmah di balik covid-19 kita di paksa untuk lebih modern, maka dari itu kami akan mendukung aplikasi ini. Mudah mudahan ini bisa menjadi pelayanan yang efektif dan efisien. Semoga dapat di terapkan dengan baik dan tepat,"Ucapnya.
 
Sementara itu, Tri Lestari Nugraheni SSos selaku Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Kepegawaian Instansi yang di dampingi oleh rekannya Ika Uly Prasasty Manurung SKom Pranata Komputer Peratama dari Kanreg VII BKN Palembang, menjelaskan aplikasi ini muncul karena ada keterbatasan tatap muka selama Covid-19. 

Aplikasi Songket yang mengakomodir pelayanan kepegawaian secara digital mulai diimplementasikan untuk pelayanan usul kenaikan pangkat jabatan struktural untuk periode 1 Oktober 2020 di empat lnstansi Daerah yaitu Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Batanghari  dan Kabupaten Muko-Muko.

Diadakannya Sosialisasi aplikasi Songket ini pengelolaan kepegawaian di lnstansi Daerah secara bertahap minggu ini untuk Sumsel dan yang terakhir itu di Babel. Dengan harapan semuanya dapat menerapkannya sesuai dengan prosedur yang telah dijelaskan. 

"Kedepannya aplikasi songket ini akan diterapkan keseluruh lnstansi Daerah se-wilayah kerja Kanreg VII BKN Palembang yang meliputi berbagai usul kenaikan pangkat baik jabatan struktural, fungsional, maupun penyesuaian ijazah,"Ungkapnya. 

Sistem dengan aplikasi songket  berorientasi pada paperless, dokumen yang telah scan dapat dipertanggungjawabkan, dokumen yang tersimpan secara digital juga dapat digunakan selama masih sesuai dengan per-UU. 

"Adapun manfaat dari digitalisasi dokumen yaitu tidak perlu khawatir tentang keamanan data, lebih banyak menghemat waktu, kolaborasi yang mudah dan simple untuk dilakukan, integrasi yang lebih baik, lebih mudah dalam melakukan pemulihan dokumen begitu juga mendistribusikannya,"Tandasnya. Kjs 
Share To:

redaksi

Post A Comment: