LUBUK LINGGAU - Polres Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, menangkap empat pelaku perampokan serta pembunuhan terhadap Abdie Haqim Perdana alias Dedek (15). Korban adalah pelajar sekolah menengah atas (SMA) yang ditemukan tewas mengenaskan dan terkubur di dekat Jalan Lapter, Kelurahan Air Kuti, KecamatanLinggau Timur I, Kota Lubuk Linggau. Keempat tersangka tersebut yakni AG (18), RR (17), RJS (18) dan AM (27). 

Sementara, seorang lagi berinisial WA (16) kini masih buron dan dalam pengejaran polisi. Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Lubuk Linggau AKP Ismail mengatakan, peristiwa pembunuhan itu terjadi pada Minggu (1/11/2020). Awalnya, tersangka WA mengajak korban untuk datang ke kontrakan AG. Korban yang tanpa curiga langsung datang ke sana dengan mengendarai sepeda motor.

Setelah itu, AG dan WA meminta Dedek untuk mengatarkan mereka ke kawasan dekat Bandara Silampari dengan alasan hendak menuju ke rumah bibi tersangka. Namun, tersangka AG yang telah berencana merampok korban lansung mengeksekusi Dedek di tengah jalan secara sadis. Korban dibunuh dengan menggunakan pisau.

"Korban sempat terjatuh saat ditusuk di atas motor, lalu kedua pelaku ini kembali menganiayanya hingga tewas. Korban tewas karena mengalami luka di leher yang parah," kata Ismail melalui pesan singkat, Jumat (20/11/2020).

Ismail menjelaskan, setelah korban tewas, kedua pelaku langsung mengambil motor dan ponsel milik korban untuk dijual. Uang hasil penjualan itu dibagi ke lima tersangka sebelum akhirnya tertangkap.

 "Keesokan harinya, tiga tersangka yakni AG, RR, RJS mengubur jasad korban pada tengah malam agar aksinya tidak diketahui," ujar Ismail. Jenazah Dedek baru ditemukan dua pekan kemudian, setelah keluarga korban melapor kehilangan kepada kepolisian. "Otak dari perampokan ini adalah AG yang merupakan teman korban. Motifnya ingin menguasai barang korban," kata Ismail. (az)





Share To:

redaksi

Post A Comment: