Washington DC, Infosekayu.com-Amerika mengalami total kematian COVID yang mengerikan ketika pemerintahan Biden meningkatkan vaksinasi virus Corona di tengah penurunan infeksi harian. Lebih dari 500.000 orang di Amerika Serikat dengan virus korona telah meninggal, menurut data Universitas Johns Hopkins, jumlah kematian tertinggi di dunia. Al Jazeera, 22/02

Negara itu mencapai penghitungan yang mengerikan pada Senin, hanya sekitar setahun setelah kematian pertama yang diketahui dilaporkan di negara bagian California.

Presiden AS Joe Biden, yang akan berdiam diri sejenak di Gedung Putih pada Senin malam, mengeluarkan proklamasi yang mendesak warga Amerika untuk mengingat semua orang yang meninggal selama pandemi.

"Pada minggu ini selama musim dingin yang gelap dari pandemi COVID-19, lebih dari 500.000 orang Amerika sekarang telah meninggal karena virus," kata Biden dalam pernyataannya.

“Lebih banyak orang Amerika yang meninggal dalam satu tahun pandemi ini daripada gabungan Perang Dunia I, Perang Dunia II, dan Perang Vietnam. Pada kesempatan hikmat ini, kami merenungkan kehilangan mereka dan orang yang mereka cintai yang ditinggalkan. Kita, sebagai Bangsa, harus mengingat mereka agar kita bisa mulai menyembuhkan, bersatu, dan menemukan tujuan sebagai satu Bangsa untuk mengalahkan pandemi ini,” kata Biden.

Dalam beberapa pekan terakhir, tingkat infeksi COVID-19 mulai turun ketika administrasi Biden meningkatkan vaksinasi dan memberlakukan lebih banyak batasan kesehatan masyarakat untuk mencoba membendung penyebaran virus.

Tetapi pada Minggu, Dr Anthony Fauci, ahli penyakit menular terkemuka di negara itu, mengatakan sementara jumlah kasus menurun dengan cepat dari puncaknya baru-baru ini, orang Amerika perlu tetap berhati-hati karena AS belum memvaksinasi cukup banyak orang untuk mendapatkan kekebalan kawanan.

“Kami belum pernah melihat sesuatu yang mendekati ini selama lebih dari 100 tahun, sejak pandemi influenza 1918. Sesuatu yang menakjubkan ketika Anda melihat angka-angkanya - hampir tidak bisa dipercaya, tapi itu benar,” kata Fauci dalam wawancara dengan program Meet the Press NBC.

“Grafik yang menurun benar-benar luar biasa - sangat curam dan menurun dengan sangat, sangat cepat. Tapi kami masih di level yang sangat tinggi, ”ujarnya.

"Garis dasar infeksi harian masih sangat, sangat tinggi ... Kami ingin mendapatkan garis dasar itu sangat, sangat, sangat rendah sebelum kami mulai berpikir bahwa kami sudah keluar dari masalah."

Legislator AS dari partai Republik dan Demokrat akan berdiam diri di Kongres pada hari Selasa untuk menandai penghitungan 500.000 kematian terkait virus corona.

Biden telah berjanji untuk mengambil pendekatan yang lebih agresif untuk mengendalikan pandemi daripada pendahulunya, Donald Trump, yang meremehkan ancaman virus dan kebutuhan untuk memberlakukan pedoman kesehatan masyarakat yang ketat.

Dia berjanji untuk memberikan 100 juta dosis vaksin virus korona dalam 100 hari pertamanya menjabat, dan dia mendorong Kongres untuk meloloskan tagihan bantuan COVID-19 senilai US$1,9 triliun yang menurutnya akan diberikan pada keluarga yang terpukul paling parah.

Pada Minggu, penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan pemerintahan Biden juga perlu "mengambil berbagai langkah untuk melihat tanggapan pemerintah sebelumnya terhadap pandemi dan pelajaran apa yang perlu kita pelajari untuk memastikan itu tidak akan terjadi lagi".

Sullivan juga mengatakan AS ingin melihat "penyelidikan internasional yang kredibel, terbuka, dan transparan yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia" ke dalam pandemi.

Pemerintahan Biden telah mengkritik Cina setelah muncul laporan bahwa Beijing telah menolak memberikan data mentah kepada WHO dalam penyelidikan organisasi tentang asal-usul virus.

Sementara itu, hingga Minggu, AS telah mendistribusikan lebih dari 75,2 juta vaksin di seluruh negeri, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Lebih dari 18,8 juta orang telah menerima dua dosis vaksin, sementara 43,6 juta lainnya telah menerima satu dosis.

Kristen Saloomey dari Al Jazeera, melaporkan dari Washington, DC, mengatakan Biden tampaknya tepat sasaran untuk memenuhi tujuannya untuk menyuntik 100 juta orang Amerika dalam 100 hari pertama pemerintahannya.

Tetapi dia mengatakan ada beberapa masalah dengan pemberian suntikan setelah dosis vaksin mencapai negara bagian AS.

“Masih banyak orang yang membutuhkan vaksin tersebut dan banyak masalah yang perlu diselesaikan, tetapi tingkat kematian dan tingkat infeksi di sini di Amerika Serikat [telah] turun cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir, jadi ada adalah alasan untuk berharap,” Saloomey melaporkan.

Di California yang terpukul parah, Gubernur Gavin Newsom pada Sabtu mengatakan negara bagian itu telah memberikan lebih dari tujuh juta vaksin.

Pada Jumat, Newsom mengatakan tingkat positif COVID-19 California berada pada 3,1 persen, turun dari 9,9 persen sebulan sebelumnya, sementara rawat inap dan perawatan intensif masing-masing turun menjadi 39 dan 35 persen. "Kemajuan," tweetnya.

Sumber : Gatra.com
Share To:

redaksi

Post A Comment: