Infosekayu.com - Penasaran Dimana Pintu Tol Palembang Betung di Kabupaten Banyuasin, Ini Lokasinya.

Tol Palembang Betung saat ini progresnya hampir selesai dibangun.Tol ini membentang hampir seluruhnya diwilayah Kabupaten Banyuasin.

Namun mungkin masih banyak masyarakat mengetahui dimana lokasi exit tol ini.Rencananya ada dua exit tol Palembang Betung di Banyuasin.

Pertama adalah exit tol Musi Landas dan exit tol Pangkalan Balai.Gerbang Tol Musi Landas ternyata lokasinya tak jauh dari overpass atau jembatan penyeberangan Musi Landas, di sekitar STA 64+949.

Melihat di lokasi proyek Tol Kapal Betung, posisi Gerbang Tol Musi Landas berada kurang lebih 700 meter dari overpass arah ke Palembang dari Jambi, di area perkebunan karet, dekat makam, sebelum Sekolah Dasar.

Posisinya di Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin.Pengendara yang keluar melalui exit tol Musi Landas akan keluar ke Jalan Lintas timur Palembang - Jambi.

Sementara itu, Exit Tol Pangkalan Balai, jika kita berkendara dari arah Jambi, maka posisi exit tol Pangkalan Balai akan berada tak jauh dari Kantor Camat Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin.

Di sebelah kiri, sekitar 500 meter dari Kantor Camat Suak Tapeh inilah lokasi exit tol Pangkalan Balai ruas Tol Kapal Betung.

Di Pangkalan Balai ini, juga akan berdiri rest area Tol Kapal Betung dan interchange (pertukaran) simpang susun Simpang Balai. Exit tol ini akan membawa pengendara masuk ke Jalan Lintas Sumatera Kecamatan Suak Kampeh.

Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau Tol Kapal Betung ditarget beroperasi penuh pada Agustus 2023 mendatang.

Dalam jadwalnya, tol Kapal Betung telah bisa operasi penuh melintasi 4 daerah di Sumatera Selatan (Sumsel). Daerah tersebut yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang.

Tol Kapal Betung yang dibangun oleh PT Waskita Sriwijaya Tol terdiri dari 3 seksi, dan saat ini baru beroperasi dua seksi secara penuh yaitu Seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km, dan Seksi 2A Jakabaring-Kramasan 9 km. Sisanya, seksi 3 Musilindas-Betung 44,29 masih tahap konstruksi.

Keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat, progres konstruksi proyek Jalan Tol Trans Suamtera ini per April 2023 lalu yaitu Seksi 2B Kramasan-Musi Landas telah mencapai 73,81 persen, dan progres Seksi 3 Musi Landas-Betung telah mencapai 58,91 persen. Akan ada 6 rest area pula yang akan disebar di jalan Tol Kapal Betung sepanjang 111,69 Kilometer ini. (Harianmuba) 

 

Share To:

redaksi

Post A Comment: