Palembang, Infosekayu.com - Kota Palembang akan memiliki ikon terbaru. Ikon ini menjadi destinasi wisata baru dengan keberadaan tugu ikan Belida atau biasa disebut masyarakat sekitar sebagai ikan Belido. Tugu setinggi 13 meter dan panjang 9 meter ini akan segera rampung pengerjaannya dan menjadi ikon baru kota Pempek ini. Tugu ini pun digadang-gadang akan lebih indah dari Merlion Park


Dengan keberadaan tugu yang tepat di tepian Sungai Musi dan dekat dengan Jembatan Ampera, nantinya tugu ini akan menjadi sejarah bahwa ikan Belido memiliki ikatan kuat dengan kota Palembang. 

Keberadaan ikan belida ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Palembang. Salah satunya adalah bahan baku pempek, kerupuk kemplang dan makanan khas kota Palembang lainnya.

Saat ini banyak masyarakat yang menilai pempek dan kerupuk kemplang dengan kualitas super adalah dari bahan baku ikan tenggiri. Padahal sebelum keberadaan ikan belido ini sulit untuk dijumpai dan langka, ikan belido telah lebih dulu diakui kualitasnya.

Oleh sebab itu dengan keberadaan ikan yang semakin langka dan harus dilestarikan ini, Pemerintah kota Palembang mambangun tugu ini sebagai saksi sejarah dari keberadaan ikan khas sungai Musi ini. 
"Ikan Belido ini ikan pertama yang kualitasnya sudah diakui paling baik dari pada ikan lainnya. Bahkan keberadaannya memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan pengusaha kuliner di kota Palembang, sehinga ini menjadi alasan kenapa kita buat tugu Belido di BKB (Benteng Kuto Besak) dan sebagai Ikon baru kota Palembang,"
ujar Wali Kota Palembang, Harnojoyo dikutip dari detikTravel, Sabtu (5/8/2017).

Ditambahkan Harnojoyo, keberadaan tugu ini juga akan setara dengan Marlion Park yang ada di Singapura dan menyemprotkan air dari mulut ikan sejauh 50 meter kearah sungai Musi. Tugu yang telah berdiri dan dalam proses finishing ditargetkan rampung pengerjaannya pada 13 Agustus mendatang.

"Kita targetkan tugu Belido rampung pada 13 Agustus nanti, karena sekarang sudah mulai terlihat dan akan segera menjadi ikon baru kota Palembang. Bahkan lebih indah dari Marlion Park yang ada di Singapura," tambahnya.

Dilansir dari detikTravel, tugu yang berada di pelataran BKB dan terbuat dari tembaga ini sudah mulai finishing pengerjaannya. Beberapa pekerja sudah mulai memasang keramik lantai dan membersihkan bagian badan dan siripnya.
Tidak hanya tugu Belido, untuk mempercantik keberadaan tugu yang rencananya akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo. Pemkot Palembang juga merenovasi lokasi sekitar dengan mengganti trotoar disekitar BKB dengan batu alam agar semakin terlihat indah nantinya.

Selain tugu Belido, wisatawan yang datang ke kota Palembang akan dapat mengabadikan foto dengan background ikan belido dan jembatan Ampera. Serta menikmati indahnya aliran sungai Musi yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat sekitar. Kira-kira di Musi Banyuasin Kuyung dan Kupek ada usul ngga ya mau dibuat ikon apa buat mempercantik kota?.  (mel)
Share To:

redaksi

Post A Comment: