Lima Manfaat Jahe yang Perlu Kamu Ketahui
Infosekayu.com - Bagi masyarakat Indonesia, jahe menjadi salah satu bahan favorit untuk menghangatkan tubuh saat kedinginan. Rempah-rempah yang mudah dikembangbiakan di Indonesia ini juga menjadi salah satu bahan bumbu dapur yang banyak digunakan masyarakat.

Tidak hanya itu, jahe juga menjadi bahan untuk menyebuhkan berbagai penyakit mulai dari pilek, batuk, dispepsia, mual selama kehamilan, sakit tenggorokan bahkan sampai kanker.

Nah salah satu cara menikmati jahe untuk mendapatkan khasiat hebatnya adalah dengan meminum jus jahe. Nah berikut manfaat Jus jahe yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu mengontrol diabetes
Jahe memiliki sifat anti-diabetes dan banyak penelitian menunjukkan bahwa jahe membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes dan bahkan pada orang tanpa diabetes.
Segelas jus jahe dapat membantu mengontrol kadar level gula dalam tubuh Anda.

2. Memperlambat penuaan mental
Karena senyawa fenolik dan flavonoid cukup tinggi dalam jahe, sehingga jus jahe juga memiliki sifat perlindungan saraf.
Jus jahe secara khusus meningkatkan kadar protein di otak bersama dengan banyak bahan lain yang membantu menjaga otak tetap sehat. Ingat bahwa mengurangi jumlah protein, terutama di usia tua, mengarah ke penyakit seperti Alzheimer dan gangguan mental lainnya.



3. Mencegah kanker
Jahe mengandung beberapa bahan fenolik biologis aktif dan non-volatile seperti gingerol, paradol, shogaol dan gingerone. Menurut sebuah penelitian, ekstrak jahe juga memiliki sifat anti-kanker yang membantu mengendalikan kanker prostat.

4. Meredakan nyeri akibat arthritis


Ekstrak jahe memiliki sifat analgesik sehingga sangat baik untuk penderita nyeri lutut kronis. Jus jahe juga bisa mencegah rasa nyerinya terulang kembali asal anda rutin meminumnya. (im)



Share To:

redaksi

Post A Comment: