INFOSEKAYU - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Rapat Percepatan Program 100% Listrik Desa, di Ruang Rapat Serasan Sekate Pemkab Muba, Rabu (19/6/2019).


Rapat dipimpin langsung Wakil Bupati Muba Beni Hernedi selaku Ketua Satgas Percepatan Pembangunan Kelistrikan di Muba, dan diikuti Direktur PT MEP Umaidi, Manager Unit PT PLN Persero Palembang Nanang Prasetyo, Kabag Ekonomi Setda Muba Erdiansyah, Perangkat Daerah terkait serta Para Camat.

Dalam rapat tersebut Beni berharap untuk terus bekerjasama dan koordinasi yang baik antara PT MEP, PT PLN dan Pemkab Muba terkait percepatan penyelesaian pembangunan jaringan listrik hingga pelosok desa dalam Wilayah Kabupaten Muba.

"Mohon bantuan dan kerjasamanya, karena hampir terbagi dua listrik di Muba yang dilayani MEP dan PLN," ucap Beni.

Beni menuturkan masih ada beberapa desa dalam Kabupaten Muba yang masih belum teraliri listrik, untuk itu ia mengimbau kepada pihak terkait untuk terus berupaya mengusahakan serta menyelesaikan kendala atas belum dibangunnya jaringan listrik di desa tersebut.

"Terutama sehubungan dengan adanya beberapa desa yang jaringan listriknya sudah terpasang tapi belum teraliri listrik kiranya bisa di kerjasamakan STO kepada PLN. Seperti Simpang Tungkal Dusun Belido I -II, Dusun II Desa Pangkalan Tungkal , Dusun Selaro Desa Simpang Bayat, Dusun Talang Bendar Kayuare Desa Lumpatan Seberang Sekayu, Dan Dusun Muara Padang Desa Epil barat," pintanya.

Lanjut Beni usulan Prolisdes baru prioritas, yakni Desa Ulak Macang Sanga Desa, Desa Sako Suban, Pangkalan Bulian Kecamatan Batang Hari Leko, Desa Kepayang dan Desa Muara merang Bayung lencir.

"Kami meminta Camat terjun langsung kelapangan untuk membantu menyelesaikan masalah dan sosialiasikan dengan warga jangan sampai terkendala," imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk pembangunan jaringan listrik menuju Kecamatan Lalan yang mulai dikerjakan PT PLN sepanjang 13 km, Pemkab Muba akan memfasilitasi segera dengan perusahaan, dan akan melaksanakan rehab jalan termasuk mengkomunikasikan dengan Kabupaten tetangga Banyuasin mengingat beberapa ruas dimaksud berkemungkinan masuk dalam wilayah berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin.

Sementara itu Manager PT PLN Unit Palembang Nanang Prasetyo mengungkapkan untuk pembangunan jaringan listrik di Kecamatan Lalan bulan Juli 2019 mendatang pihaknya sudah mulai bekerja dan ditargetkan pada bulan September sudah bisa tarik kabel.

"Mohon juga bantuan Bapak Camat biar pekerjaan kami bisa lancar," ujarnya.

Nanang Prasetyo juga menyambut baik usulan Program Listrik Pedesaan yang di sampaikan Wabup dan menyarankan Pemkab Muba dapat mengusulkan sebagai program prioritas ke depan.

Sedangkan persoalan komplain warga akibat seringnya  listrik padam PLN disebabkan karena beberapa bulan terakhir dan kedepan sedang ada pembersihan jaringan , serta faktor kecelakaan terkena tiang . Tapi PLN dan Mep akan berusaha meningkatkan kehandalan, tambahnya.

Direktur PT MEP Umaidi juga melaporkan masih adanya kendala terkait tingginya tunggakan tagihan oleh pelanggan dan saat ini sdg terus melakukan sosialisasi ke desa desa berharap semakin hari tunggakan pembayaran berkurang.

"Kami akan terus berkoordinasi agar tunggakan pelanggan dapat segera terselesaikan ," jelasnya. /red/
Share To:

Post A Comment: