INFOSEKAYU – Rian Oksapati satu di antara siswa sekolah luar biasa negri (SLBN) Sekayu Kabupaten Muba yang memiliki prestasi luar biasa.


Rian merupakan penyadang disabilitas yang sejak lahirnya menderita Autis ini, memiliki kemampuan mengoperasikan berbagai program komputer seperti Microsoft Office: word, Excel Dan Powerpoint, Corel Draw, Photoshop, Cool edit pro, Video editing.

Selain itu, siswa SLBN Sekayu yang saat ini baru naik kelas 12 juga memiliki kemampuan hafal beberapa juz al Quran.

Rian yang lahir di Palembang Januari 2003, sejak SD hingga SMA mengenyam pendidikan di SLBN Sekayu.

Ia juga sudah banyak meraih prestasi di berbagai perlombaan di antaranya, Juara 3 MTQ Tingkat Provinsi Sumsel dalam ajang FLS2N thn 2018.

Juara 2 Lomba Desain Grafis FLS2N Tk Provinsi Sumsel.

“Selain menguasai IT, Rian anak autis yang berprestasi ini juga juga menguasai bahasa Inggris dan hafal beberapa Juz Al-Quran,” ungkap Apriadi, salah satu Guru SLBN Sekayu yang setiap harinya melatih dan mendidik Rian, Selasa (2/7/2019).

Apriadi menerangkan, Rian juga memiliki kemampuan mengetik tulisan Arab tanpa menggunakan Windows Arabic.

“Berbeda dengan anak pada umumnya yang hafal Al-Quran yang mampu secara langsung mengucapakan ayat-ayat, Rian hafal beberapa juz Al-Quran yang diemplementasikanya dengan tulisan di Laptop. Jadi kalo seumpama saya perintahkan Rian coba tulis surah an-nisa ayat sekian beserta artinya langsung dia ketik di laptop beserta artinya dengan menggunakan bahasa Inggris,” terang Apriyadi.

Selain itu, lanjut Apriadi, Rian juga memiliki hobi membuat komik strip yang dia buat dan ditulis dalam menggunakan bahasa inggris.

Autis merupakan gangguan perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan penderita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Namun jika auitis ini terkena pada anak laki-laki biasanya agak lebih mudah untuk melatih dan mengasah kemampuanya berbeda dengan anak wanita sedikit lebih sulit.

“Di SLBN sekayu ini ada sekitar 10 orang anak autis. Namun ada juga siswa lainya yang berkebutuhan khusus seperti tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa, tuna netra, tuna ganda, tunas laras yang juga berprestasi,” imbuhnya. /red/

Sumber : Tribun Sumsel


Share To:

Post A Comment: