INFOSEKAYU - Secara bertahap, penyaluran Bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) dari Kementerian Sosial melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) mulai disalurkan di Kabupaten Muba. Kali ini, sebanyak 1.601 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 15 Desa di Kecamatan Plakat Tinggi menerima penyaluran bantuan sosial beras sejahtera Rastra.


"Ya, hari ini kita menerima rastra untuk keluarga penerima manfaat, data penerimanya langsung dari Kementerian Sosial," ujar Camat Plakat Tinggi, Alpian Husin, melalui Kasi Kesejahteraan Sosial (Kesos), Halim.

Khusus untuk Kecamatan Plakat Tinggi, kata Halim, penerima Rastra yakni sebanyak 1.601 keluarga. Dimana desa paling banyak menerima Rastra yakni Desa Suka Damai dengan 145 penerima, Desa Sido Rahayu dan Cinta Karya masing-masing 134 penerima.

"Total yang disalurkan Bulog ke kita sebanyak 32.020 Kg, untuk 1.601 penerima. Karena dua bulan, jadi masing-masing KPM mendapat 20 Kg, secepatnya kita distribusikan agar dapat langsung dimanfaatkan oleh penerima," tandas dia.

Rastra yang disalurkan itu, sambung Halim, untuk periode Juli dan Agustus, dimana setiap bulannya keluarga penerima manfaat mendapat 10 Kg dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis. 

"Kita distribusikan ke 15 desa yang ada di Plakat Tinggi, penerima sudah ada dan berasnya gratis, distribusi rastra ini kita awasi secara ketat agar tidak ada penyimpangan," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Muba Drs Apriyadi, MSi menyebutkan, program rastra ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras. 

"Selain itu, bertujuan pula untuk meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga sasaran, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan ini dinilai sangat membantu penerima manfaat," pungkasnya. /red/

Share To:

Post A Comment: