INFOSEKAYU - Setelah beberapa saat yang lalu Bumi Sriwijaya disinari terik matahari yang sangat menyengat dan menimbulkan banyaknya sebaran hot spot di beberapa wilayah rawan Karhutla, akhirnya hujan yang diharap-harapkan semua orang turun juga.


Awan mendung yang menyelimuti sejumlah daerah di wilayah Sumatera Selatan (Muba, OI, OKI, dan Muara Enim) ternyata bertanda baik dengan turunnya hujan lebat. Hal tersebut juga berdampak baik bagi daerah yang terdampak Karhutla.

Demikian halnya di Dusun 9 dan Dusun 5 Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Muba,daerah tersebut diguyur hujan yang deras.

“Alhamdulillah hujan di Dusun 9 dan Dusun 5 dan daerah bayung lencir lumayan deras kemaren, setidaknya bisa memadamkan api karhutlah di Muara Medak,” ujar Danramil Bayung Lencir Kapten Inf Suprayitno

Hujan yang lumayan deras tersebut sudah dinanti oleh warga Bayung Lencir khususnya di wilayah sekitar terjadi karhutlah. “Walaupun karhutlah sudah berangsur padam, kami sangat berharap hujan turun di Bayung Lencir ini,” ungkapnya.

“Hujan sendiri hampir membasahi seluruh kecamatan di Kabupaten Muba, seperi Kecamatan Sekayu, Babat Toman, Bayung Kencir, Lawang Wetan dan Lais. Hujan sendiri bervariasi lebat dan sedang,hujan sendiri mulai menunjukan deras. Kita berharap dengan hujan ini semua api karhutla bisa padam dengan cepat.

Demikian halnya daerah lain seperti di kabupaten OI dan OKI, seperti di desa Kota Bumi kecamatan Tanjung Lubuk, Desa Sungai Lumpur Kecamatan Tulung Selapan terjadi hujan yang lumayan deras, sehingga dapat mematikan hotspot yang ada di daerah tersebut. Dan sebaran asap juga terlihat berkurang di wilayah tersebut.

Dari hasil pantauan satelit lapan untuk sebaran hot spot pada Kamis (29/8/2019) pagi ini hotspot di wilayah Sumsel tidak ada/tidak kelihatan sama sekali. Semuanya ini dampak turunnya hujan yang turun beberapa saat lalu. /red/

Sumber : Lensa Jabar

Share To:

Post A Comment: