INFOSEKAYU - Masih dalam rangkaian memeriahkan HUT Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ke-63, Pemkab Muba akan menggelar festival Bekarang di Danau Siarak Desa Tanah Abang Kecamatan Batanghari Leko, pada Minggu (29/9/2019)  pukul 09.00 WIB.


Bupati Muba H Dodi Reza Alex mengajak seluruh lapisan masyarakat dan jajaran Pemkab Muba untuk datang meramaikan festival Bekarang besok pagi hingga selesai.

“Jangan lupa besok akan ada festival bekarang, ayo kita rame-rame mengunjungi danau Siarak. Seluruh kepanitiaan terkait dihimbau untuk menyukseskan kegiatan  Bekarang tahun 2019, yang akan menjadi ajang festival di Bumi Serasan Sekate. Semoga kegiatan Bekarang yang merupakan budaya lokal ini menjadi even tahunan sebagai salah satu potensi pariwisata di Kabupaten Muba,” ujar Dodi.

Diinformasikan, beberapa hari sebelum perhelatan tersebut dilaksanakan, pihak pemerintah setempat terus melakukan persiapan.

Dengan dibantu pegawai kecamatan, perangkat desa dan masyarakat setempat, mulai dari pembersihan lahan, pemasangan bendera/ umbul-umbul dan pemasangan tenda-tenda dan pemasangan instalasi air bersih hal ini bertujuan demi menyukseskan acara Festival Bekarang di Desa Tanah Abang.

Acara ini agak berbeda dengan seperti tahun yang lalu yang lakukan Pemerintah Kecamatan tapi tahun ini langsung di sponsori pemerintah Kabupaten melalui Dispopar dan Dinas yang terkait.

Dalam acara Festival bekarang, akan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati didampingi petinggi-petinggi dari Kabupaten Musi Banyuasin dan dimeriahkan pemenang Master chef Indonesia season III Stefani Horizon.

Menurut Camat Batanghari Leko Nwardi Endang melalui Sekretaris Kecamatan Baanghari Leko, Suprapto menjelaskan bahwa kegiatan Bekarang ini untuk memberikan edukasi cara Bekarang yang baik dan dan benar dengan cara tradisional dan menggunakan zat-zat kimia.

“Kegiatan Festival Bekarang ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang biasa mencari ikan mengunakan alat sentrum, potas dan lainnya untuk tidak melakukannya lagi dan mengambil ikan yang besar saja, dan melepaskan anak ikan yang terjaring dalam jala agar ekosistem ikan dapat terjaga, “ ungkapnya.


Sementara itu Kepala Desa Tanah Abang, Umri mengungkapakan, selaku pemerintah Desa Tanah Abang siap membantu menyukseskan Festival Bekarang esok dan sudah beberapa hari ini perangkat Desa sudah diperintahkan untuk membantu persiapan acara tersebut. /red/

Share To:

Post A Comment: