INFOSEKAYU - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mengadakan acara Ramah Tamah Perpisahan, Pengantar Purnabakti Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Rusli, SP, MM, di Auditorium Setda Muba, Rabu (2/10/2019).


Pasalnya, mulai 1 Oktober 2019 , Rusli memasuki pensiun atau purna tugas. Acara ramah tamah ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, para asisten, staf ahli, para kepala satuan organisasi perangkat daerah (OPD) dan ASN serta PTT di lingkungan Pemkab Muba.

Rusli memberikan apresiasi kepada jajaran Pemkab Muba yang telah mengadakan acara ramah ini.

Dikatakan Rusli, dirinya menjadi PNS sejak Maret 1981 dan pensiun 1 Oktober 2019, artinya kurang lebih 38 tahun menjadi abdi negara. Selain mengabdi di Sekretariat Daerah, Dirinya juga pernah mengabdi di UPTD perkebunan kecamatan Sungai Keruh dan Dinas Perkebunan Kabupaten Muba.

“Saya bertugas di Kabupaten Muba sejak Maret 1981, kurang lebih 4-5 tahun saya ditugaskan di lapangan sebagai penyuluh pertanian. Kemudian di tahun 1986 saya ditugaskan sebagai pemegang perkebunan di kecamatan Sungai Keruh. Selanjutnya tahun 2007 hingga 2013 bertugas di Dinas Perkebunan, dan pertengahan 2013 hingga 30 September 2019 saya bertugas di Sekretariat Daerah Kabupaten Muba,” bebernya.

Lanjutnya, “Selama bertugas sebagai abdi negara saya merasa mendapat dukungan dari jajaran ASN selama menjalankan tugas, sehingga bisa melaksanakan tugas hingga pensiun. Saya juga meminta maaf bila selama melaksanakan tugas ada menyinggung perasaan para ASN lainnya baik disengaja maupun tidak,” ucap Rusli.

Rusli juga mengucapkan terimakasih kepada Bangsa Indonesia terkhusus Pemkab Muba, yang telah memberikan peluang untuk mengabdikan diri untuk negara. Terimaksih kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Muba yang telah membina, membimbing dan mengarahkan dalam menjalankan tugas khusunya sebagai Asisten Bidang pemerintahan dan Kesra Setda Muba.

“Terimakasih juga kepada jajaran ASN di lingkungan Pemkab Muba atas koordinasi dan kerjasama yang baik selama ini. Sebagai bentuk motivasi saya pesankan jangan sungkan untuk bermimpi, pengalaman kami berkarir mulai dari nol. Namun ketika garis tangan telah ditentukan, bisa mencapai titik tertinggi dalam birokrasi sampai ke eselon II, kuncinya yaitu Disiplin dan rajin bekerja serta berkoordinasi dan konsultasi dalam menjalankan pekerjaan,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, mewakili seluruh ASN dan tenaga honor di lingkungan Pemkab Muba mengucapkan terimakasih kepada Rusli, atas dedikasi dan pengabdian dalam membangun Kabupaten Muba.

“Beliau mulai mengabdi sebagai ASN banyak berkecimpung disektor perkebunan. Pengabdian beliau cukup panjang, menapak karir dari tingkat rendah hingga promosi ke Kepala Dinas Perkebunan dan lanjut ke Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba. Selama menjalankan tugas saya tahu betul beliau menjalankan denga  komitmen, kemauan yang keras, serta punya kompetensi, sehingga apa yang ditugaskan dan diamanatkan pimpinan bisa diselesaikan dengan baik,” ujar Sekda.

Sekda juga mengungkapkan, “Kami yakin dan percaya selama berkolaborasi dan bertemu pasti banyak permasalahan, selisih faham dan pendapat yang kita selesaikan di Pemda, oleh karena itu saya mewakili dan atas nama Pemkab Muba menyampaikan permohonan maaf. Marah karena membina, sekaligus mengarahkan”.

Sekda juga mengungkapkan bahwa sosok Rusli bisa jadikan contoh atau panutan. Bisa dilihat beliau bekerja mulai dari nol,  karir dari bawah dan juga banyak cerita pahitnya. Tidak ada yang tiba-tiba bisa jadi sukses, semua tentu punya cerita.

“Selain sukses dalam birokrasi pemerintahan, Rusli sukses juga dalam mendidik anak-anaknya hingga sukses, dan menciptakan keluarga yang harmonis, ini tentu bisa kita jadikan panutan.Banyak sudah yang telah dilakukan beliau sampai saat ini, memberikan dedikasi dan loyalitas. Benar motivasi Pak Rusli, dalam menjalanakan tugas, harus disiplin, loyalitas dan bertanggung jawab. Soal jabatan itu sudah ada ketentuan dan garisannya. Kita jalankan sesuai tupoksi yang sudah diberikan,” ujar Apriyadi. (rel)

Share To:

Post A Comment: