Sekayu, Infosekayu.com- Antisipasi pencegahan penyebaran wabah virus Corona, Pemerintah kabupaten Musi Banyuasin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Muba bersama Polres Muba bersinergi melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan di sepanjang ruas jalan protokol dan fasilitas umum di Kota Sekayu, Rabu (25/2/2020).

Penyemprotan yang dilakukan mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai pada Rabu (25/3/2020) itu bertujuan untuk memutus penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Bumi Serasan Sekate.

"Hari ini, demi untuk menjaga dan mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Kita melakukan penyemprotan disinfektan, mulai dari Lapangan Gelanggang Remaja, jalan Kolonel Wahid Udin, Jalan KS Ahmad Dahlan, dan sejumlah taman yang selama ini menjadi tempat wisata dan banyak dikunjungi masyarakat," ujar Kapolres Muba, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem.

Cairan disinfektan yang disemprotkan ke jalan protokol dan sejumlah taman tersebut sambung dia yakni sebanyak 15.000 liter, disemprotkan menggunakan mobil water canon dan mobil pemadam kebaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba.

"Ya, 15.000 liter kita semprotkan disinfektan. Jika tidak ada halangan, kedepan kegiatan ini kita lakukan lagi, terutama di pintu-pintu masuk Kabupaten Muba," jelas dia.

Selain dengan penyemprotan, upaya pencegahan dilakukan pula dengan cara sosialisasi hingga ke desa-desa terkait bahaya Virus Corona dan adanya Maklumat Kapolri No. Mak/2/III/2020. Diantaranya masyarakat diminta untuk tidak mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan orang atau massa dalam jumlah besar. Baik ditempat umum maupun dilingkungan sendiri.

"Sosialisai terus kita lakukan, semalam kita juga bersama Kodim 0401/Muba dan Sat Pol PP Muba melakukan razia untuk meminta masyarakat yang berkumpul agar membubarkan diri. Ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan," tegas dia.

Sementara itu Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan sosialisasi dan edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 harus terus dilakukan termasuk penyemprotan, diruang publik serta fasilitas umum sebagai upaya preventif.

"Peran semua elemen serta masyarakat juga diperlukan agar penyemprotan disinfektan berfungsi efektif.

Bupati Dodi menambahkan penyemprotan akan dilakukan secara bertahap ditempat umum lainnya, serta dilaksanakan bersama instansi, Polres dan TNI di Muba.

"Penyemprotan cairan desinfektan ini juga sebagai upaya pencegahan dan antisipasi sejak dini melindungi masyarakat agar merasa lebih aman dan tidak takut  tetapi tetap waspada terhadap Covid-19 atau  virus Corona," tutup Dodi. (Kjs)
Share To:

redaksi

Post A Comment: