Sumsel, Infosekayu.com - Selama dua pekan pada Januari 2021, terjadi lonjakan signifikan angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumatera Selatan. Kenaikan tersebut disinyalir warga lengah terhadap protokol kesehatan pasca kehadiran vaksin.

Ahli Epidemiologi dari Universitas Sriwijaya Palembang Iche Andriyani Liberty mengungkapkan, selama dua pekan terakhir bulan lalu setidaknya terjadi 2 ribuan kasus terkonfirmasi positif sehingga kini menjadi 14.230 kasus. Padahal pada awal Januari 2021 sempat menurun signifikan setelah naik drastis pada Desember 2020.

"Untuk minggu pertama dan keempat Januari 2021, ada penambahan yang begitu masif," ungkap Iche, Senin (1/2).

Iche menilai penambahan kasus disebabkan karena merosotnya penerapan protokol kesehatan sebagai kunci utama menghindari penularan virus. Hal ini disebabkan warga Sumsel terlena dengan kehadiran vaksin dan proses vaksinasi sudah dimulai sejak 14 Januari 2021.

"Ini yang perlu ditegakkan lagi karena vaksinasi untuk masyarakat umum masih panjang," ujarnya.

Iche menambahkan, mobilitas warga Sumsel, terutama di Palembang, kini terus meningkat. Ada juga mobilitas perpindahan orang antar wilayah dan ditemukan banyak kasus karena itu terjadi.

"Dalam catatan, banyak kasus terjadi setelah orang bepergian dari luar kota. Semestinya keluar masuk wilayah diperketat, rapid tes antigen juga harus didukung dengan disiplin prokes," pungkasnya. 

Sumber : Merdeka.com

Share To:

redaksi

Post A Comment: