Infosekayu.com  - Presiden Jokowi resmi menunjuk Tito Karnavian sebagai Menteri PAN-RB Ad Interm. Tito Karnavian menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia. Tito Karnavian bakal menjabat Menteri PAN-RB Ad Interm sampai 15 Juli 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Ad Interim pada Senin (4/7/2022).

Seperti diketahui, penunjukan ini dilakukan setelah Menteri PAN-RB sebelumnya, Tjahjo Kumolo, meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022).

Kemudian, berdasarkan surat edaran yang diterbitkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dengan nomor B-596/M/D-3/AN.00.30/07/2022, Tito mulai menjabat sebagai Menteri PAN-RB Ad Interim pada 4-15 Juli 2022.

"Berkenaan dengan wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Dalam Negeri sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ad Interim, dari tanggal 4 s.d. 15 Juli 2022," demikian isi dari surat edaran tersebut.

Diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) setelah mendapat perawatan intensif.

Diberitakan Tribunnews, ia meninggal dunia pada usia 64 tahun setelah dirawat selama beberapa pekan di Rumah Sakit Abdi Waluyo.

Kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo sempat diinformasikan oleh politisi PDIP, Junimart Girsang.

"Tadi (Jumat) jam 11.10 WIB beliau berpulang ke Harbaam-Nya," kata Junimart.

Di sisi lain, putri kandung Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari enggan menjelaskan lebih dalam terkait penyakit yang diderita ayahnya.

"(Penyakitnya) gak ada, no comment. Bapak sudah nggak ada, doain aja," kata Rahajeng. Hanya saja ketika Tjahjo Kumolo dirawat, Rahajeng menjelaskan penyebab ayahnya harus dirawat di rumah sakit.

"Ada infeksi yang menyebar hingga ke paru-paru," ujarnya.

Pada saat itu, Rahajeng juga menegaskan kondisi Tjahjo Kumolo telah stabil ketika dirawat pada pertengahan Juni 2022 lalu. Ia pun juga membantah sang ayah dalam kondisi kritis hingga koma.

Jokowi Ungkapkan Belasungkawa

Jokowi mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya Tjahjo Kumolo melalui unggahan di akun Instagram pribadi, @jokowi.

Ia mengucapkan belasungkawa ketika tengah melakukan kunjungan ke luar negeri yaitu bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya tengah berada dalam lawatan di luar negeri ketika mendenganr kabar duka dari Tanah Air bahwa Bapak Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah di Jakarta pada pukul 11.10 WIB. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," kata Jokowi dalam unggahannya.

"Semasa hidupnya almarhum Tjahjo Kumolo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," imbuhnya.

Mewakili pemerintah dan negara, Jokowi kembali mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.

"Semoga segala amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah," kata Jokowi. (Tribunsumsel)

Share To:

redaksi

Post A Comment: