Infosekayu.com - Harga emas dunia naik pada ujung perdagangan akhir pekan lalu karena penurunan dolar AS.

Mengutip CNBC, Senin (12/9/2022) harga emas di pasar spot naik 0,5 persen menjadi USD1.716,30 per ounce, setelah naik ke level tertinggi sejak 30 Agustus di awal sesi.

Sementara emas berjangka AS menetap 0,4 persen lebih tinggi pada USD1.727,0. Logam kuning naik 0,3 persen untuk minggu lalu, kenaikan mingguan pertama dalam empat pekan terakhir.

"Indeks dolar AS benar-benar turun tajam semalam dan itu telah mendukung pasar emas dan perak. Juga melihat beberapa short-covering di pasar berjangka menuju akhir pekan," kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals.

Dolar turun ke level terendah lebih dari satu minggu terhadap para pesaingnya, membuat emas batangan yang dihargakan dengan greenback lebih murah bagi pembeli luar negeri.

Namun, pasar emas terus melihat pengurangan instrumen ETF yang diperdagangkan di bursa secara perlahan dan mantap.

"Volume perdagangan di pasar berjangka AS terus melemah, menunjukkan bahwa pergerakan yang lebih tinggi tidak mungkin dipertahankan," kata analis independen Ross Norman.

Investor sekarang menunggu data inflasi AS periode Agustus yang akan dirilis awal pekan depan setelah komentar hawkish baru-baru ini dari Ketua Fed Jerome Powell memperkuat spekulasi kenaikan suku bunga yang besar.

"Jika harga konsumen lebih panas dari perkiraan, emas mungkin dalam tekanan jual ke target di kisaran harga USD1.680" dan perlambatan tajam disertai tekanan harga mungkin hanya memberikan dorongan moderat untuk emas," kata Edward Moya, analis senior OANDA.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. Di pasar emas fisik, permintaan di beberapa hub Asia tetap kuat minggu ini di tengah harga yang lebih rendah.

Sementara itu harga perak naik 1,2 persen menjadi USD18,79 per ounce dan ditetapkan untuk kenaikan mingguan. Palladium naik 1,3 persen menjadi USD2.167,47 per ounce dalam minggu terbaiknya sejak Juli.Platinum turun tipis 0,1 persen menjadi USD878,73 per ounce merupakan kenaikan mingguan terbesar sejak awal Juni. ( Suara)

Share To:

redaksi

Post A Comment: