Babat Toman, Muba- Kunjungan pertama Pj Bupati Muba H Apriyadi di desa Toman baru kecamatan Babat Toman sepertinya sangat berkesan di hati masyarakat. Pasalnya, selama 25 tahun mimpi ingin menjadikan Talang Bayung sebagai desa Toman Baru definitif terjawabla sudah.

Tepat hari ini, Kamis (06/10/2022) Pj Bupati Muba H Apriyadi telah meresmikan Desa Toman baru di halaman gedung kantor kepala desa. Peresmian desa Toman Baru ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama desa Toman Baru.

Pj Bupati H Apriyadi dalam sambutannya mengatakan untuk menjadi desa definitif, pasti banyak proses yang dilalui. apalagi dengan adanya peraturan baru yang mengharuskan syarat-syarat administrasi maupun teknis yang harus dipenuhi.

Dengan berdirinya Desa Toman Baru di Kecamatan Babat Toman, maka bertambah pula jumlah desa di Kabupaten Muba semula berjumlah 227 desa kini menjadi 228 desa.

"Atas nama pribadi dan pemerintah, saya menyampaikan selamat kepada seluruh pihak baik dari pemerintah kabupaten, kecamatan maupun perangkat desa dan masyarakat yang telah bekerja dengan baik untuk mewujudkan desa persiapan Toman Baru menjadi desa definitif yakni desa Toman Baru Kecamatan Babat Toman,"ungkapnya.

Pelayanan pemerintahan desa, Ditegaskan Apriyadi harus lebih optimal karena berkaitan dengan hak-hak masyarakat untuk memperoleh pelayanan sebaik-baiknya dari pemerintah.

"Sebagai jajaran pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat, Pj kepala desa harus mampu membangun dan memelihara hubungan harmonis dengan masyarakat. Pelayanan yang baik kepada masyarakat akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, serta memperkokoh sinergi antara aparat dan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan pembangunan," tandasnya.

Terakhir, Apriyadi menyampaikan bahwa Desa Toman Baru akan menjadi pilot project pengelolaan getah karet lateks cair.

"InsyaAllah tahun depan, sama seperti desa-desa lain, Dana anggaran untuk desa Toman baru bisa diterima. Selain itu, perlu juga kami sampaikan bahwa desa Toman akan jadi pilot projects pengelolaan lateks cair. Dengan program pilot projects ini kita ingin merubah pola dan kebiasaan masyarakat dalam pengelolaan karet. lateks cair ini harganya jauh lebih tinggi dari harga karet bokar,"terangnya.

Sementara, Camat Babat Toman Alpan SKM MSi mengucapkan terima kasih kepada camat, Dinas PMD kabupaten dan Dinas PMD Provinsi Sumsel, Bagian Tapem Setda Muba, khususnya kepada Pj Bupati H Apriyadi yang telah mendukung dan mensuport berdirinya desa Toman Baru tersebut.

"Terima kasih pak Bupati H Apriyadi beserta rombongan atas kunjungannya sekaligus telah meresmikan desa Toman Baru yang kami cintai ini. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat meningkatkan efektivitas penyelenggaraaan pemerintah desa, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan daya saing desa,"tandasnya.

Sementara, Suryat tokoh masyarakat Desa Toman Baru mengaku bangga dan bahagia sekali, karena desanya telah diresmikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Muba.

"Pak kami masyarakat Desa Toman Baru sangat bersyukur sekali memiliki pemimpin seperti pak Bupati H Apriyadi, terima kasih telah meresmikan desa kami ini, kami bangga dan senang sekali hari ini karena doa doa kami sudah dikabulkan Allah SWT. Kami masyarakat Desa Toman Baru siap mendukung program-program pemerintah, dan mendoakan Pj Bupati H Apriyadi beserta jajarannya selalu sehat, sukses melaksanakan tugas sampai selesai,"pungkasnya.(ril)

 

 

 

 

 

 

Share To:

redaksi

Post A Comment: