Karena intensitas curah hujan yang tinggi pada minggu-minggu ini ada dibeberapa wilayah dikabupaten Musi Banyuasin mengalami luapan air yang menggenang hingga kepermukiman penduduk.

Seperti halnya yang terjadi dikecamatan Tungkal jaya akibat  curah hujan tinggi pada minggu (12/03/2023) beberapa kampung digenangi air hingga ketinggian mencapai 50 Cm bahkan sebagian air menutupi jalan lintas Sumatera namun masih bisa dilewati.

Dari sumber data yang didapat dari Polsek Tungkal jaya bahwa dari 16 desa di kecamatan Tungkal jaya yang terdampak luapan air ada 6 desa, yaitu desa Simpang Tungkal, Beji Mulyo, Bero jaya timur, pandan sari, Berlian jaya dan Margo Mulyo dan total rumah yang terendam ada 131 rumah.

Pihak kepolisian Polsek Tungkal jaya bersama aparat samping Koramil  dan pemerintahan kecamatan serta desa bersinergi menjaga situasi untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang terdampak oleh luapan air karena curah hujan tinggi, disamping memantau dan memonitor situasi, juga membantu evakuasi barang warga yang terdampak banjir serta menjaga keamanan dilokasi banjir.

Kapolres Muba Akbp Siswandi Sik SH MH melalui Kapolsek Tungkal jaya Iptu Nirwan Haryadi membenarkan adanya luapan air karena curah hujan yang tinggi tersebut di kecamatan Tungkal jaya.

Saat ini kami bersama forkopimcam Tungkal jaya bersinergi menjaga situasi, selain memonitor keadaan juga sebagian membantu warga yang mengvakuasi barang-barangnya agar tidak terendam air, juga memastikan keamanan dilokasi yang terdampak banjir tersebut, agar masyarakat tetap tenang, ujarnya.

Ada 6 desa yang terdampak luapan air tersebut, tidak satu desa penuh tetapi pada RT tertentu, dan ketinggian air mencapai 50 Cm. bahkan sempat merendam jalan lintas Sumatera, tetapi masih bisa dilewati, tambah Nirwan.

Dari pantauan terakhir menunjukan ada penurunan debit air, mudah-mudahan dapat segera normal kembali. tutupnya (SM).
Share To:

redaksi

Post A Comment: