Infosekayu.com - Meskipun memiliki bau khas yang seringkali mengganggu,namun peminat jengkol tak sedikit.Sebenarnya,bau jengkol bisa kita kurangi dengan cara pengolahan yang tepat.Tenang,inilah cara agar bau jengkol bisa kita kurangi dan jadi tak begitu mengganggu lagi.

1. Bakar jengkol
Membangkar jengkol bisa menghilangkan baunya,loh.Caranya,bakar jengkol bersama kulitnya sampai kulitnya kering dan sedikit terkelupas.Setelah itu kupas kulitnya dan masak seperti biasa.

2. Gunakan abu gosok
Rebus jengkol di dalam air yang diberi sedikit abu gosok sampai agak lunak.Tiriskan jengkol dan cuci bersih untuk menghilangkan serpihan abu gosok yang mungkin melekat pada jengkol.Setelah bersih,jengkol siap dimasak. 

3. Rendam dalam air kapur sirih
Cukup rendam jengkol dalam air kapur sirih selama semalaman.Setelah itu tinggal tiriskan dan rebus jengkol seperti biasanya.  

4. Manfaatkan daun salam dan daun jeruk
Sebelum diolah,rebus dulu jengkol dengan daun salam,daun jeruk ataupun keduanya.Daun aromatik ini bisa mengurangi aroma jengkol dan membuatnya lebih harum.

Nah,mudah bukan?Segera lakukan cara di atas sebelum mengolah jengkol menjadi sajian favorit agar baunya tak begitu mengganggu.(se)
Share To:

redaksi

Post A Comment: