INFOSEKAYU.COM - Plt Bupati Kabupaten Musi Banyuasin menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Bayung Lencir untuk mensukseskan Asian Games 2018, dengan merubah perilaku membuka lahan tanpa membakar.



"Kita sukseskan Asian Games 2018 ini dengan mencegah kebakaran hutan kebun dan lahan, demi nama negara, bangsa dan daerah," ujar Beni pada kunjungan kerjanya di Masjid Nurul Iman Desa Mekar Jaya Kecamatan Bayung Lencir dalam Rangka Safari Ramadhan 1439 H Pemkab Muba dan peringatan Nuzulul Qur'an, Senin (4/6/2018).

Lanjutnya, Beni mengatakan tahun ini Pemkab Muba bersama penegak hukum telah sepakat untuk menindak tegas bagi oknum-oknum yang masih membakar lahan, karena dampak dari pembakaran hutan dan lahan sangat tidak baik bagi lingkungan juga kesehatan serta dapat mengganggu perhelatan event antar negara Asia pada bulan agustus 2018 mendatang.

"Untuk masyarakat yang ingin membuka lahan harus terakomodir dengan pihak pemerintahan, dinas terkait, nanti kita datangkan alat berat," imbuhnya.

Dalam momentum silaturahmi antara unsur pemerintahan dengan masyarakat ini, Beni berpesan peringatan Nuzulul Qur'an jangan dijadikan seremonial belaka namun mengambil hikmah yang terkandung dalam Al-Qur'an sebagai pedoman dan tuntunan hidup.

Sementara Camat Bayung Lencir Akhmad Toyibir, SSTP MM dalam laporannya menuturkan bahwa telah mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakatnya terkait pencegahan kebkaran hutan dan lahan, serta mensosialisasikan peningkatan partisipasi warga untuk menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

"Kami bersyukur bahwa saat ini masyarakat Bayung Lencir sudah berangsur merubah perilaku dan tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar," tuturnya. 
 

Pada kesempatan itu dilakukan juga penyerahan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional, bantuan Pemkab Muba untuk Masjid Nurul Iman berupa kain sarung dan bantuan dari PT Sinar Mas 500 buah Al-Qur'an.

Acara dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustad Mubari MPdi, berbuka puasa bersama dan shalat magrib berjamaah. /red/

 
Share To:

redaksi

Post A Comment: