INFOSEKAYU.COM - Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila, Polres Muba melaksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di halaman Mapolres Muba, Senin (4/6/2018). 

Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti,SE, MM

Dalam upacara tersebut, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti,SE, MM, yang bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan sambutan Pesiden RI.

"Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.
Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ujar Kapolres.

Dalam amanatnya, Kapolres juga mengajak untuk mengisi Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. "Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat," sampainya.

Ia juga menegaskan, bahwasanya, peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan pula sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. 


"Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia," tukas Kapolres Muba perempuan pertama itu.

Dalam kesempatan yang sama ia juga mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustadz, para politisasi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

"Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya," tandasnya. /red/


Share To:

redaksi

Post A Comment: