Jakarta, Infosekayu.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, KPU sengaja menutup sementara laman infopemilu.kpu.go.id selama perhitungan suara hasil Pilkada Serentak 2018. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi serangan peretas.

“Karena serangan banyak masuk. KPU mempelajari itu. Daripada nanti makin menimbulkan kegaduhan, maka kita hold dulu. Sampai sekarang sistem KPU masih diretas terus. Sampai kita membersikan, memperkuat, ya Anda lihat sistem apapun di manapun lah pasti potensi untuk diserang itu ada,” kata Arief, Senin (2/7/2018).

Arief mengatakan, sejak awal sebenarnya KPU sudah melakukan antisipasi terhadap serangan siber dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Namun, upaya peretasan terus datang dan tak bisa dihindari.
“Pasti kalau sudah ditutup lubang yang di kanan dia nyari yang di kiri. Tutup kiri, dia nyari di tengah. Tutup tengah cari yang di atas. Seterusnya. Selalu begitu,” kata dia.
Arief menambahkan, hasil rekapitulasi suara Pilkada yang diunggah di laman KPU tidak bisa dijadikan keputusan untuk menetapkan pasangan kepala daerah secara definitif. Penetapan kepala daerah terpilih akan dilakukan secara berjenjang melalui berita acara yang dibuat dari TPS, PPK, KPU Kota sampai Kabupaten.
“Sistem kita masih ada, masih jalan, data yang sudah masuk disimpan oleh KPU. Tetapi untuk menghindari daripada dibuka serangan masuk terus, lalu masyarakat tambah bingung, informasi ini kok naik turun, maka ini kita hold,” ujarnya.
Sementara itu berdasarkan hitung cepat website resmi KPU melalui aplikasi Sistem Hitung (Situng) hingga pukul 16.30, Jumat (29/6) suara masuk (C1 kwk) sudah sebesar 89,35 persen.

Dari website infopemilu.kpu.go.id, hasilnya pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Herman Deru Mawardi Yahya (HD-MY) tetap memimpin dengan perolehan suara 1.204.421 suara atau 35,85 persen.

Sementara urutan kedua ditempati paslon nomor urut 4, Dodi Reza Alex- Giri Ramanda Kiemas dengan raihan 1.048.563 suara atau 31,21, selisih sekitar 4,64 persen dengan teratas.

Kemudian disusul pasangan nomor urut 3 Ishak Mekki-Yudha Pratomo sebesar 729.214 suara atau 21,70 persen dan pasangan nomor urut 2 Aswari Rivai- Irwansyah sebesar 377.852 suara atau 11,25 persen.
Sementara jumlah suara yang masuk sebanyak 87,68 persen dengan sebaran TPS yang masuk sebanyak 15.104 dari 16.904 TPS se Sumsel. (Edp)


Share To:

Post A Comment: