Infosekayu.com- Di negara kita Indonesia, banyak sekali yang menyukai olahraga yang sangat populer diseluruh dunia yaitu sepak bola. Bahkan saat ini bukan cuman laki-laki yang sangat menyukai olahraga sepak bola ini, akan tetapi perempuan juga banyak yang menyukainya. Entah yang disukai para perempuan ini dalam sepak bola apa, mungkin para pemain sepak bola yang ganteng atau mungkin karna permainan-permainan yang sangat seru dan mendebarkan.

Selain dari pada itu semua, siaran sepak bola khususnya sepak bola luar negeri seperti eropa yang disiarkan secara langsung diindonesia, dan para pecinta sepak bola indonesia, jika menginginkan menonton sepak bola eropa diharuskan untuk menonton siaran sepak bola secara langsung sering kali pada malam hari. Itu sangat wajar karena perbedaan waktu Eropa dengan waktu yang ada di negara kita Indonesia.

Meskipun siaran sepak bola yang berlangsung pada waktu tengah malam, tidak menyurutkan niat untuk tidak jadi menonton bagi para pengembar sepak bola asal Indonesia ini untuk menontonnya , bahkan tidak jarang juga menganggap semua adalah sebuah kewajiban untuk menonton sepak bola pada malam hari. Bermulai dari tim favorit para penggemar dengan tim rivalnya bermain yang sama-sama kuat. Maka dari itu, bagaimana cara agar tetap sehat saat kita begadang untuk menonton bola dan tetap bisa melihat tim favorit bermain walaupun di tengah malam ?

1. Coba untuk tidur lebih awal
Kamu harus tidur lebih awal jika ingin tetap sehat, Jadwal pertandingan sepak bola yang akan anda tonton saat tengah malam akan ditanyangkan. Kamu harus sudah mulai untuk tidur dengan waktu lebih awal misal pada jam 20.30, Saat itu juga kamu sudah merebahkan badan kamu ditempat tidur. Hal ini berpengaruh dengan kualitas tubuh kamu saat begadang tidak banyak terbuang.

2. Disarankan untuk mengurangi waktu duduk
Siaran berbagai pertandingan sepak bola ditayangkan berlangsung sekitar 45 x 2 menit, maka dari itu mengharuskan para penonton untuk selalu duduk didepan televisi yang lumayan cukup lama. Disarankan untuk duduk saja di waktu 45 menit pertama, kemudian untuk 45 menit kedua disarankan untuk mononton sambil berdiri. Ini agar waktu duduk kian berkurang.

3. Selalu mengistirahatkan mata
Ketika kita menonton sepak bola waktu tengah malam disarankan ketika menonton pertandingan tersebut untuk lebih sering mengedipkan mata. Ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata, hal ini dikarenakan menonton pertandingan sepak bola dapat memaksa mata kita untuk tetap fokus melihat televisi dalam waktu yang cukup lama.

4. Saat menonton disarankan untuk makan cemilan yang sehat
Disarankan ketika kita menonton pertandingan sepak bola di waktu tengah malam untuk membiasakan dengan disertai makan cemilan-cemilan yang rendah lemak dan kalori, Hal ini dikarenakan kinerja usus sedang dalam keadaan melambat ketika mencerna makanan berat. Banyak sekali orang yang melakukan kesalahan-kesalahan dengan memilih rokok dan gorengan dalam hidangan cemilan untuk begadang. Pilihlah minuman nya dengan teh dan juga makanannya dengan makanan yang direbus. Jangan lupa untuk perbanyak cairan serta hindari rokok dan juga minuman beralkohol.

5. Saat Sarapan Konsumsi Makanan yang mengandung gizi yang baik
Dengan kamu tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gizi yang baik setelah begadang menonton tayangan sepak bola saat tengah malam kamu tidak akan bisa berpikir jernih dan kamu tidak akan bisa menciptakan ide-ide cemerlang seperti yang biasa kamu lakukan, Karena tubuhmu tidak tercukupi gizi yang baik, Apalagi, tenagamu, banyak yang terkuras setelah begadang semalaman. Nah, kamu juga jangan makan hanya asal kenyang saja. Setiap tubuh manusia tentunya memerlukan berbagai macam kombinasi zat gizi baik dengan begitu tetap bisa berfungsi dengan sangat optimal. Seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serat, dan mineral harus tetap terjaga keseimbangannya terutama untuk yang suka begadang. Jangan lupa ya agar tetap menjaga makananmu dengan nutrisi yang komplit.

6. Sering lakukan aktivitas diluar ruangan
Ketika kamu sudah begadang semalaman untuk menonton pertandingan sepak bola tim favorit kamu adalah saat yang tepat sekali untuk kamu mengerjakan berbagai aktivitas diluar ruangan. Ini akan membuat mata dan badan kamu segar kembali setelah seharian didepan Televisi untuk menonton bola, dan juga membuat tubuhmu lebih bergerak aktif saat diluar ruangan sehingga tubuhmu sedikit berolahraga, usahakan untuk jalan kaki ya.

7. Membatasi nonton bola saat tengah malam
Meskipun menonton bola saat tengah malam ada tipsnya agar tetap sehat, tetapi sesuatu yang berlebihan juga tidak baik, ada baiknya kamu untuk membatasi menonton bola artinya kamu bisa menonton bola untuk tim favorit kamu ketika bermain saja untuk yang lainnya kamu bisa melihat jalannya pertandingan atau hasil dari pertandingan tersebut di pagi harinya di acara-acara berita olahraga atau disiaran pertandingan ulangnya.

8. Rutin berolahraga
Olahraga sangat dianjurkan untuk kamu yang suka begadang di malam-malam tertentu seperti nonton acara pertandingan sepak bola, karena dengan rutin berolahraga dapat mempersiapkan panjang aktivita begadang yang sering kamu lakukan demi sepak bola. Salah satu manfaat dari berolahraga adalah bisa membuat tubuhmu selalu dalam kondisi baik dan memiliki stamina lebih dari biasanya. Dengan begitu tubuh kamu menjadi lebih memiliki daya tahan dan menjadi lebih baik dari tubuh yang tidak menjalani olahraga secara rutin.

9. Sempatkan untuk minum kopi
Ini adalah tips terakhir, Jika kamu sudah merasa tidur kamu cukup, sudah memakan makanan bergizi serta sudah membiasakan untuk sering melakukan aktivitas diluar ruangan, serta melakukan oalhraga secara rutin akan tetapi mata kamu tetap merasa kurang fit, coba kamu untuk menyempatkan minum kopi saat pagi harinya setelah begadang karena setelah begadang daya konsentrasi kamu akan menurun, maka dari itu dengan kopi daya konsentrasi kamu akan tetap meningkat. Jadi kamu tetrap bisa fokus dalam melakukan kegiatan sehari-hari walaupun sudah begadang, oh iya dengan kopi juga dapat meningkatkan ketelitian kamu loh.

Kamu juga perlu memperhatikan beberapa resiko olahraga selain dari pada kelelahan, resiko lainnya adalah maag, asma bronkiale, diabetes melitus, hipertensi, bahkan serangan jantung. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan tipos diatas untuk mangantisipasi resiko kesehatan dari akibat sering begadang.

Nah, setelah kamu mengetahui hal apa saja yang dapat mengakibatkan begadang dan bagaimana mengatasi agar tetap sehat mesti harus begadang, sekarang menonton pertandingan sepak bola dimalam hari bukan lagi sebagai alasan kamu untuk mengorbankan berbagai aktivitas sehari-hari kamu yang biasanya. Kamu bisa cobain tips diatas. (Edp)


Share To:

Post A Comment: