INFOSEKAYU - Salah satu penyakit yang menyerang selaput lendir yang ada di saluran pernafasan adalah sinusitis. Meski bukan penyakit langka dan banyak pengidapnya, tetapi penyakit sinusitis termasuk penyakit yang serius. Beberapa gejala yang ditimbulkannya seperti suara sengau, batuk, dan demam yang berkepanjangan.


Untuk memastikan jenis infeksi penyakit ini, kamu memang harus pergi ke dokter. Namun, ternyata ada lho, cara alami untuk membersihkan penyakit sinusitis ini.

Dikutip dari detikhealth yang melansir LiveStrong, aroma menyengat yang dikeluarkan oleh bawang mempunyai manfaat menghilangkan penyakit sinus.

Walaupun aroma tersebut juga sekaligus membuat mata kita perih hingga berair, sifat kimia yang dimiliki bawang dapat menjadi obat sederhana untuk menghempas sinus dari hidung.

Ketika kita beraktivitas maka tidak asing berjumpa dengan debu atau bulu binatang. Ketika itu terjadi, sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang disebut histamin yang akan membuat hidung membengkak.

Bawang mengandung senyawa kimia quercetin yang memiliki sifat antihistamin dan anti inflamasi. Akibatnya bawang dapat membantu membersihkan sinus yang tersumbat di hidung.

Untuk mencobanya kamu bisa memotong beberapa bawang mentah dan mencampurnya dengan air panas, lalu kamu bisa mendekatkan pada hidung untuk mendapatkan uapnya.

Tidak harus mengkonsumsi bawang yang mentah untuk mendapatkan manfaatnya, hanya dengan aroma yang di keluarkan kamu sudah mendapatkan hasil yang baik tubuh.

Agar terhindar dari penyakit ini kamu harus hindari polusi, karena paparan udara yang tercemar dapat mengiritasi hidung dan memperparah sinus. Selain itu kamu juga harus menghilangkan kebiasaan merokok tembakau dapat menyebabkan iritasi dan akan memperburuk aliran lendir dan membuat sinus menjadi menumpuk. /red/


Share To:

Post A Comment: