INFOSEKAYU.COM - Dalam gelaran Asian Games ke-18 yang baru saja berlalu, muncul cabang olehraga yang masih agak aneh dan tidak percaya jika disebut sebagai olahraga. Ya, namanya Esport. Tak salah, cabang olahraga yang meski dalam Asian Games masih sebatas exhibition tersebut, namun telah menarik perhatian banyak pihak, bahwa bermain game online ternyata tidak sebatas hobi saja. Melainkan sudah diakui sebagai cabang olahraga resmi dan tentu saja terbuka lebar untuk expert di dalamnya.

Demi Menjadi Gamer Professional, Soedono Syamsoeyadi Rela Meninggalkan Pekerjaan Sebagai Manager Perusahaan


So, buat kamu yang suka bermain game dan ingin meningkatkan kemampuan serta tertarik untuk terjun sebagai pemain pro, kenapa tidak coba untuk fokus? Empat hal di bawah ini bisa menjadi tips pembuka jalan kamu. 

1. Tetapkan Target dan Berkomitmen

Langkah pertama untuk menjadi pemain pro esport adalah menetapkan target dan mencurahkan segenap upaya untuk berkomitmen mengejarnya. Hal ini terbilang sulit, apalagi pandangan orang-orang terhadap atlet esport masih sering dipandang sebelah mata. Namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin dilakukan!

Komitmen yang dimaksud bukan berarti meninggalkan seluruh kewajiban dan tanggung jawab (seperti pendidikan atau pekerjaan), namun lebih kepada merancang langkah-langkah yang di perlukan untuk menuju target dan melaksanakannya secara sungguh-sungguh.

Mulai dari meningkatkan skill, berlatih bekerja sama dengan tim, dan mengikuti beberapa turnamen lokal menjadi beberapa langkah yang bisa kamu coba terapkan dan kejar dengan segenap upaya!

2. Latihan, Latihan, Latihan!

Latihan keras adalah kunci menjadi pemain pro esport. Karena melalui berlatih, kamu bisa memperbaiki diri dan menjadi pemain yang lebih baik!

Namun bagaimana sebenarnya cara berlatih dalam esport? Pertama, coba perhatikan cara bermain diri sendiri lalu bandingkan dengan para pemain profesional, apakah ada hal kecil yang kamu lewatkan?

Dalam MOBA misalnya, apakah last hit-mu sudah sempurna? Apakah item timing-mu tepat waktu? Apakah rotasi yang dilakukan tepat sasaran? Beberapa pertanyaan tersebut bisa mulai diperbaiki satu demi satu agar permainanmu semakin baik.

Perlu disadari juga bahwa waktu yang diperlukan untuk berlatih tidak bisa dianggap remeh. Atlet pro esport biasanya menghabiskan minimal delapan jam sehari untuk berlatih saja!

Untuk kamu yang memiliki kesibukan lain, pastikan kamu mengetahui betul hal apa yang coba kamu latih dan perbaiki sedikit demi sedikit agar waktu yang dimanfaatkan benar-benar berguna!

3. Membangun Reputasi

Salah satu faktor penting dalam menjadi pemain pro esport adalah membangun reputasi! Karena melalui cara ini, dunia bisa melihat keberadaanmu dan mulai tertarik bekerjasama untuk menjadikanmu pemain pro esport.

Cara pertama untuk membangun reputasi adalah dengan menjadi salah satu pemain dengan rank yang tinggi, sebut saja top 100 pemain regional misalnya. Dengan nama yang terpampang di jajaran 100 besar pemain, kemungkinan besar para tim esport besar akan tertarik untuk menggaetmu!

Bila hal tersebut sulit dilakukan, jangan berkecil hati dulu! Ada cara lain untuk membangun reputasi dan menjadi pemain pro! Salah satunya adalah membentuk tim sendiri dan mencoba berprestasi di turnamen-turnamen lokal!

Dengan cara ini bukan tidak mungkin para tim besar atau investor berniat bekerjasama denganmu untuk membentuk tim profesional!

4. Menjadi Pemain Tim yang Baik

Faktor penting yang harus diperhatikan bila ingin menjadi pemain pro esport. Ya, memperbaiki kepribadian dan berusaha menjadi pemain tim yang baik akan sangat membantumu membangun karir sebagai atlet esport!

Banyak pemain dengan mekanik yang handal, namun sulit bekerja sama dengan tim. Hasilnya mungkin pemain tersebut akan kesulitan diterima di tim lain. Dapat menciptakan sinergi dalam tim merupakan hal yang tidak kalah penting selain memiliki skill yang mumpuni sekalipun.

Mencoba berpikiran terbuka dengan masukan tim, berusaha menyampaikan pandangan secara sopan, dan mengakui kesalahan adalah beberapa kepribadian yang diperlukan untuk menjadi pemain pro esport dan menciptakan landasan tim yang solid!

Bagaimana semakin tertarik? Ayo, buktikan jika kamu bisa menjadikan mimpi sebagai kenyataan! /pan/

Share To:

Post A Comment: