INFOSEKAYU.COM - Tak ada kata lelah untuk berbagi ilmu dan pengalaman, begitu yang terlihat dari sosok Duta Baca Kabupaten Musi Banyuasin, Rojaki, MPd.




Setelah melakukan penjurian lomba di SMPN 6 Unggul Sekayu pada Rabu (24/10) keesokan harinya dilanjutkan dengan kegiatan workshop lanjutan berupa penyusunan majalah sekolah di SMPN 3 Lais.

Pembekalan materi yang diberikan kepada peserta didik di antaranya penyusunan draf majalah, tata letak, dan teknik pengambilan gambar yang akan tampil di setiap rubrik majalah sekolah.

Antusias yang luar biasa kali ini dari siswa-siswa yang tergabung dalam penyusunan majalah sekolah. "Ini adalah ilmu yang baru bagi saya dan asyik banget belajar dengan Pak Jaki. Kita tidak hanya dikasih materi jurnalistik, tetapi juga  langsung  praktik dalam kelompok- kelompok kecil", tutur Prima Weliksa, Ketua OSIS SMPN 3 Lais.

Di sela-sela pengecekan tugas peserta workshop, Rojaki juga mencoba menggali informasi kesan mereka dalam penyusunan majalah sekolah ini. "Bikin majalah sekolah ternyata gak sulit ya Pak.  Memang awalnya kami ragu-ragu, tapi setelah menerima materi di workshop hari pertama kami jadi bersemangat," ujar salah seorang siswa lainnya. 

Pembina Majalah Sekolah, Sigit menuturkan, "Intinya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Saya juga dapat sesuatu yang baru di workshop singkat ini. Dengan program ini, semoga kami bisa mempromosikan segala bentuk kegiatan di SMPN 3 Lais melalui Majalah Sekolah juga berbagai media online seperti Facebook, Instagram sekolah kepada masyarakat luas," harap dia.

Di lain tempat saat di hubungi Ibu Kepala Sekolah, Mardiana, M.Pd. sangat mengapresiasi program yang ditawarkan Duta Baca Muba, Rojaki MPd, di bawah naungan Managemen Duta Baca untuk jadi narasumber di sekolahnya.

"Selain itu, akan juga segera kita adakan  kegiatan Pemilihan Duta Baca Tingkat Sekolah se-kecamatan Lais dalam rangka menggiatkan budaya gemar membaca  dan berliterasi di sekolah," tandasnya.

Sebelum workshop berakhir, untuk membangkitkan semangat siswa, bersama  Pak Gunawan Sidik, Tim K-Media Management Training memberikan penyegaran kepada seluruh peserta  dengan games yang mengasah otak kiri dan kawan dan juga membaca karakter siswa lewat cara  penulisan di selembar kertas. /red/

Share To:

Post A Comment: