INFOSEKAYU.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kab Muba kedatangan Finalis Kuyung Kupek 2018. Ada 15 pasang finalis yang menjadi perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah dan Kecamatan.


Rencananya, para finasis Kuyung Kupek sebelum memasuki masa karantina, mereka akan mengadakan kunjungan ke Perpustakaan Daerah. Selain menjadi anggota perpustakaan, Kuyung Kupek menyempatkan membaca buku koleksi perpustakaan Muba dan menyapa anak-anak PAUD Kasih Bunda DPK Muba.

Selanjutnya Kuyung Kupek mendapatkan pemahaman literasi dari Rojaki, Duta Baca Muba dan Gunawan salah seorang penggiat literasi di Muba.

"Berdasarkan dari berbagai referensi dan sudut pandang, literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, berhitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari," ujar salah seorang finalis.

Ketiga puluh finalis Kuyung-Kupek 2018 diterima langsung oleh Sekretaris DPK yang juga menjabat Sekda Muba Apriadi, SSos, MSi, didampingi Emi Marviana,SE, MSi Kabid Pengembangan, Zainal Abidin, SIP, MSi Kabid Layanan dan Herawaty, SKom, MSi  Kabid Pembinaan Arsip.

Secara bergantian, diberikan arahan, semangat dan motivasi kepada para finalis untuk melaju sampai tingkat grand final dan menjadi duta bagi Kabupaten Musi Banyuasin ke level nasional bahkan level internasional.

Pada masa karantina finalis kuyung kupek melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari pembekalan dari Bappeda, Dinas Kesehatan, dari lembaga kepribadian dilanjutkan city tour, sesi foto dan pengambilan video.

"Dan nanti pada tanggal 5 November 2018 dilaksanakan acara malam puncak Grand Final Pemilihan Kuyung Kupek Muba tahun 2018. Para finalis juga diberi informasi mengenai keberadaan arsip, baik itu arsip statis maupun arsip dinamis. Seperti foto-foto Bupati, Wabup, Sekda dan ketua DPRD dari sejak Muba berdiri, semuanya ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," ujar Apriadi.

Selain itu untuk buku dan arsip dapat diakses melalui website resmi DPK, yaitu www.dpk.mubakab.go.id.  Sudah tersedia buku digital dan arsip digital.

Sambung Apriadi, "Di era teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, sangat mudah dan cepat mendistribusikan informasi. Finalis juga dapat memanfaatkan media informasi dan media sosial lainnya sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan, manfaatkan media tersebut untuk hal yang positif, pahami sumber dan kejelasan informasi tersebut, saring lebih dahulu baru disharing," katanya. /red/

Share To:

Post A Comment: