INFOSEKAYU.COM - Pembangunan infrastruktur yang sedang dilaksanakan oleh Pemkab Muba berupa Jalan Kabupaten di Kecamatan Jirak Jaya dan Sungai Keruh terus digenjot. Saat ini masih tahap proses pengerjaan,  dengan sumber dana menggunakan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN ) melalui PT Sarana Multi Infrastrutur (PT SMI).


Untuk memastikan perbaikan jalan tersebut on process, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi meninjau langsung 4 lokasi pembangunan peningkatan  infrastruktur jalan Tebing Bulang - Km.11 - Jirak (Jirak – Talang Mandung dan Jirak – Layan – Bangkit Jaya) - Jembatan Gantung - Talang Simpang - Sp Rukun Rahayu - Mekar Jaya Kecamatan  sepanjang 59,95 km, yang saat ini dikerjakan oleh Kontraktor Conbloc Infratecno,  Rabu (26/12/2018).

Dalam kesempatan itu Sekda Apriyadi mengecek secara langsung dari fisik pekerjaan seperti alat-alat yang digunakan, material sampai cara pengerjaannya serta memastikan proses pembangunan dimaksud berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

"Pemkab Muba terus berkomitmen melaksanakan program untuk rakyat berdasarkan Visi dan Misi Muba Maju Berjaya 2022, poin kedua dalam misinya adalah Pembangunan dan perbaikan infrastruktur secara masif, pembangunan infrastruktur khususnya di Zona Golden Triangle (Segitiga Emas) Jalan penghubung Trans Musi Banyuasin ini terus dikerjakan secara masif dengan tujuan membuka akses ekonomi daerah hinterland Muba (Kecamatan Bayung, Kecamatan Sungai Lilin, Kecamatan Keluang, Kecamatan Batanghari Leko, Kecamatan Sungai Keruh dan Kecamatan Sekayu), menggerakkan pertumbuhan ekonomi di daerah–daerah seluler yang dilalui jalan Trans Musi Banyuasin, menjadikan daerah yang dilalui trans Musi Banyuasin sebagai kawasan zona industri berbasis hasil perkebunan dan tambang, menumbuhkan potensi Sekayu sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin  sebagai Kota Metropolitan ke depannya.
Zona Segitiga Emas , Pembangunan Peningkatan  Infrastruktur Jalan Tebing Bulang - Km.11 - Jirak (Jirak – Talang Mandung dan Jirak – Layan – Bangkit Jaya) - Jembatan Gantung - Talang Simpang - Sp.Rukun Rahayu - Mekar Jaya Kecamatan sepanjang 59,95 km, yang saat ini terus dikerjakan secara masif.

Sekda Muba Drs Apriyadi Mengingatkan  Pihak Kontraktor yang membangun bahwa, "Jikalau  ada kendala-kendala  di lapangan segera dengan cepat dilaporkan dan tentunya pasti akan kami bantu selesaikan" sehingga Pelaksanan Pembangunan dimaksud dapat berjalan sebagaimana mestinya," pintanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Musi Banyuasi H Herman Mayori, ST, MT, mengatakan pekerjaan peningkatan Jalan Tebing Bulang – KM 11 titik nolnya di Desa Tebing Bulang, dengan menggunakan alat yang berteknologi  canggih.

"Pekerjaan awal berupa pengambilan sempel tanah untuk dites di laboratorium sebagai bahan awal dan mencocokkan materi aspal yang akan dibangun dan dengan bantuan teknologi, jangkauan pembangunan dalam satu harinya dapat mengerjakan minimal 500 meter," ungkapnya.

Terpisah, Mukti (48) warga Jirak Jaya mengaku sangat kagum dengan membangunan golden triangle, menurutnya, pembangunan golden triangle ini merupakan pembangunan jalan terbesar yang mengubungkan antar Kecamatan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pak Bupati Dodi Reza Alex yang mempunyai inisiatif untuk membangun jalan penghubung didusun kami ini, Jalan ini sangat bermafaat juga dapat memudahkan kami dalam mengangkut dan mendistribusikan hasil kebun ke Kecamatan lain dan daerah lainnya, dan dengan jalan yang mulus seperti ini maka biaya transportasi kami lebih murah," ungkapnya.

Senada dikatakan Kamada Usman (63), warga Tebing Bulang ini menyebutkan dengan pembangunan dan peningkatan jalan tersebut warga dapat merasakan aktifitas yang normal. "Sudah bertahun-tahun pembangunan jalan ini kami impikan akhirnya jalan ini dibangun dan ini pembangunan yang sangat besar serta memberikan kontribusi positif untuk kami warga dan memudahkan dan memperlancar mengangkut hasil kebun kami," pungkasnya. (rel)

Share To:

Post A Comment: