INFOSEKAYU.COM -  Puluhan rumah warga dan sekolah di Desa Purwa Agung, Desa Karang Tirta, dan Desa Mekar Jaya di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin menjadi korban amukan angin puting beliung, Kamis (3/1/2019) malam.


Beruntung dalam insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, berdasarkan laporan pemerintahan setempat, terdata dua unit rumah di Desa Purwa Agung rusak berat, rusak ringan 10 unit,  pure 3 tempat dan sekolah rusak 1 unit. Kemudian, di Desa Karang Tirta rumah rusak berat 2 unit, rusak sedang 1 unit, dan sekolah rusak ringan 1 unit.

"Selain itu, di Desa Mekar Jaya rumah rusak sedang 1 unit, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Saat ini warga yang rumahnya rusak sudah disiapkan tempat pengungsian," ungkap Camat Lalan, Okta Rizal SE .

Dikatakannya, pihak Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) bersama warga melakukan gotong royong bersama memperbaiki rumah-rumah yang rusak.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyusian Azmi Dariusmansyah telah  mengintruksikan ke Puskesmas Karang Mukti untuk segera turun guna mengantisipasi permasalahan masyarakat khususnya terkait kesehatan dan segera mendirikan posko pengobatan dilokasi, dan tak lupa memberikan laporan ke dinas terkait kejadian tsb.

Kepala Dinas Sosial Musi Banyuasin H Muhammad Jaya mengungkapkan bahwa, "Tim Dinas Sosial Insya Allah besok akan turun langsung ke lokasi memberikan bantuan berupa sembako bahan pokok dan peralatan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan warga sesuai laporan Camat Lalan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan meminta seluruh OPD tanggap darurat dan segera memberikan bantuan untuk kebutuhan warga di Lalan. "Segera ke lokasi dan menginventarisir kebutuhan warga, buka posko kesehatan untuk melayani warga setempat, dalam kesempatan pertama segera ditindaklanjuti, karena Pemerintah wajib hadir ditengah tengah masyarakat dan segera laporkan langsung ke saya tindak lanjut yang diperlukan dan yang telah ditindaklanjuti OPD terkait sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi," pungkasnya. /red/

Share To:

Post A Comment: