INFOSEKAYU.COM - Ajang kejuaraan sepak bola bertajuk Alex Noerdin Cup yang akan berlangsung di Kabupaten Musi Banyuasin 9-11 Maret mendatang dimanfaatkan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba untuk menjaring atlet terbaik. Rencananya Dispopar Muba akan membentuk Tim Sepak Bola Kelompok Umur 14 tahun (KU-14).


"Saat ini baru ada Tim Sepak Bola KU16, kita perlu satu tim terdiri dari 24 pelajar pilihan yang berasal dari Musi Banyuasin untuk dibentuk tim KU14," ujar Plt Kepala Dispopar Muba Muhammad Fariz SSTP MM dalam Rapat Persiapan Pembentukan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLP-D) Sepak Bola KU-14, di Ruang Rapat Randik, Selasa (5/3/2019).

Selain atlet, sambung Fariz kita juga akan mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan atlet. Seperti wisma atlet yang menjadi hunian selama ini masih banyak yang harus diperbaiki.

"Untuk tim ini, perlu 6 kamar, kemudian fasilitas seperti AC atau kipas angin dan tv juga kami harap bisa ditambahkan," tambahnya.

Sementara Sekretaris Daerah Muba H Apriyadi MSi mengatakan untuk tim sebaiknya 75% atlet berasal dari Muba.

"Kalau memang harus menarik anak dari luar sebaiknya maksimal 25% dan benar-benar berkualitas sebagai motivasi juga," ujar Apriyadi.

Untuk Talent Scoating lanjut Sekda, juga harus yang handal. Siapkan tenaga ahli untuk menyeleksi pemain terbaik saat turnament berlangsung.

"Proses rekrutmen pemain akan dilakukan selama turnament berlangsung 9-11 maret mendatang, optimalkan untuk memilih yang terbaik, paling tidak sudah punya postur dan bakat," tegasnya.

Sekda juga mengimbau, kalau bisa April ini tim tersebut sudah bisa berlatih dan mendapat pendidikan di PPLPD Muba.

"Kita juga sebaiknya menjaga potensi atlet yang ada, jangan sampai setelah pendidikan selesai, para atlet yang berasal dari Muba itu hilang, bahkan dimanfaatkan oleh kabupaten/kota lain. Begitu keluar dari PPLPD, kita pekerjakan atlet-atlet ini di perusahaan yang ada di Muba. Jadi, ketika ada pertandingan kita bisa memanggil mereka kembali untuk memperkuat tim Kabupaten Muba," pungkasnya. /red/

Share To:

Post A Comment: