Agus Raplen. Ketua Kadin Muba
Sekayu, infosekayu.com - Kemenangan pasangan Dodi – Beni versi Quick Count pada Pilkada Muba 2017, diprediksi berdampak positif terhadap perekonomian kabupaten Muba.
"Melihat visi dan misi yang disampaikan calon ini, sangat sejalan dengan program dari Kadin Muba. Di antaranya, mendorong ekonomi kreatif. Tentu kami optimis karena dari visi dan misi yang mereka sampaikan beberapa waktu lalu, sejalan dan bisa saling bersinergi dengan program Kadin," ujar Raplen Ketua Kamar Dagang industri (Kadin) Muba.
Menurut Raplen, Selama ini kondisi ekonomi di kabupaten Muba sedikit terpuruk. Salah satu penyebabnya adalah menurun dan cenderung tidak stabilnya harga komoditi, seperti karet dan sawit. Padahal, kedua komoditi tersebut notabene menjadi komoditi utama pertanian dan perkebunan masyarakat Muba.
Pihaknya berharap program yang akan dilaksanakan bisa bersinergi dengan program Kadin. Yang paling penting, bagaimana meningkatkan harga komoditi tersebut. 

"Tentu kita berharap pemerintah melakukan upaya-upaya dan terobosan- terobosan agar harga kedua komoditi tersebut bisa bangkit sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kembali perekonomian masyarakat," tambah Raplen.
Di samping itu tentu peran pemerintah dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat terutama di sektor ekonomi kreatif.  Sehingga masyarakat tidak terlalu bergantung pada satu komoditi dengan satu produk saja, tetapi juga mengembangkan produk hilir. 

Kadin sendiri mendorong terhadap kegiatan seperti itu. Bahkan Kadin siap mendorong pemerintah ke depan membuat semacam kawasan industri. Mendorong dan mendukung kebijakan pemerintah, termasuk jika pemerintah membuat semacam kawasan industri. Jadi hasil produk Muba, jangan sebatas produk mentah saja, kemudian dijual, tetapi bagaimana agar produk tersebut diolah menjadi produk turunan yang bernilai lebih tinggi. Kegiatan seperti ini bisa diteruskan bahkan ditingkatkan lagi, terlebih setelah terpilihnya bupati dan wakil bupati yang juga berkomitmen dengan ekonomi kreatif ini.

"Dengan pemimpin yang memiliki kepedulian terhadap perekonomian masyarakat, tentu sangat berdampak terhadap geliat ekonomi di masyarakat, tidak hanya di kota tetapi juga di desa-desa. Dengan demikian industri kreatif di Muba semakin menggeliat, bahkan tercipta sentra-sentra industri kecil dan menangah. Untuk itu kami siap bersinergi dengan pemerintah daerah," tandasnya. (red/rp)
Share To:

redaksi

Post A Comment: