infosekayu.com - Hukuman berfungsi memberi efek jera pada tiap pelanggarnya.Masing-masing negara memiliki hukum yang berbeda,tergantung besarnya pelanggaran yang dilakukan pelaku.Umumnya di dunia memiliki hukum yang sama,yaitu kurungan penjara.

Namun,di berbagai negeri juga memberlakukan hukum tambahan yang tak biasa.Hukum tersebut bisa dibilang aneh,dan berikut ini adalah hukum paling unik  di berbagai negara.

Buang Sampah Sembarang,Bakal Kena Denda di Singapura
Kalau di Indonesia,barangkali kamu masih leluasa lempar sampah sana-sini sesuka hati. Tapi jika di Singapura,jangan harap kamu selamat dari denda.Kamu harus membayar kesalahan ‘membuang sampah’ dengan ribuan dollar.

Tak hanya itu,nama pun akan tercemar.Kamu harus hidup dengan menahan rasa malu karena nama dan fotomu akan tersebar di koran lokal sebab pelanggaran yang kamu lakukan.Tapi ternyata hukum tersebut sukses bikin negara Singapura bersih.Coba di Indonesia juga diberlakukan ya.....

Diharuskan Mendengarkan Lagu Kebangsaan Sebelum Film diputar
Di Indonesia kalau mau nonton film ya langsung duduk di bangku yang telah disediakan, beda banget sama di Thailand.Mereka kudu berdiri dulu sambil mendengarkan lagu kebangsaan mereka diputar.
Setelah selesai baru deh film bakal diputar.Entah apa hubungannya film sama lagu kebangsaan.Tapi yang jelas hukum yang berlaku ini memang sukses menumbuhkan rasa nasionalime di Thailand.

Dilarang Beli tapi Tidak Dilarang Pakai
Di Australia,anak-anak yang membeli rokok, dan alkohol termasuk tindakan yang dianggap melanggar hukum.Lucunya,di sana tidak ada larangan anak kecil yang menggunakan barang terlarang itu.Duh,gimana jadinya kalau anak-anak di bawah umur ini justru nitip sama orang dewasa buat beliin rokok, dan alkohol,ya?

Dilarang Meninggal di Gedung Parlemen
Harap kalau mati pilih tempat lain,ya.Jangan di gedung parlemen.Barangkali peraturan tersebut seperti sebuah lelucon.tapi benar-benar berlaku di Inggris.Meninggal di gedung parlemen adalah ilegal hukumnya.
Hal itu karena siapapun yang meninggal di gedung parlemen harus dimakamkan secara kerajaan.Tentu hal itu sangat merepotkan.Terlebih yang meninggal bukanlah orang dari kalangan kerajaan.

Pelaku Cabul Bakal Dikebiri
Baru-baru ini Indonesia menerapkan hukum baru,yaitu hukuman kebiri untuk pelaku tindak kriminal yang menyangkut pencabulan.Hukuman ini memang terkesan aneh,tapi cukup adil. Mengingat para korban yang tidak mungkin mendapat kesuciannya lagi setelah dinodai.

Hukum ini berlaku setelah menindaklanjuti kasus Yuyun,remaja SMP yang menjadi korban pemerkosaan bergilir oleh 14 pria.Akibatnya Yuyun pun tewas seketika.Semoga hukum kebiri ini bakal bikin para otak cabul lebih mikir kalau mau meneruskan tindakan tidak senonohnya.

Meski lima peraturan di atas sangatlah unik bahkan aneh,tapi itu hukum resmi yang ditetapkan pemerintah negara. sehingga membuat masyarakat lebih ‘punya rasa takut’.(LS)

Share To:

redaksi

Post A Comment: