Infosekayu.com- Rumah kosong yang sedang ditinggal mudik oleh pemiliknya ke kampung halaman dimanfaatkan Peri Padli (29) bersama kedua rekannya untuk beraksi mencuri, Sabtu (16/6) pukul 13.00.

Namun aksinya di Jalan PDAM, Lorong Mandi Api, Perum Griya Kaffah, Kecamatan Bukit Lama, Palembang tersebut, dipergoki oleh warga yang curiga akan gerak-geriknya, sehingga pelaku diringkus saat hendak melarikan diri.

Tersangka Fadli mengaku, sebelum melakukan pencurian dia bersama temannya terlebih dahulu berkeliling untuk mencari sasaran. Saat yakin bahwa rumah sasarannya kosong, baru mereka beraksi.

“Kami masuk dari jendela belakang rumah dengan cara mencongkel jendela menggunakan linggis kecil,” ujar warga Jalan Syakyakirti, Lorong Kakap, Kelurahan Karang Anyar, Gandus Palembang ini saat diamankan di Polsek IB I, Selasa (19/6/2018).

Usai mencongkel jendela, tersangka bersama satu temannya masuk ke dalam rumah untuk menggasak barang-barang berharga. Sementara satu orang lainnya mengamati situasi di luar rumah.

“Saya ambil HP tiga lalu langsung lari. Pas mau lari, dua teman saya sudah duluan naik motor kabur saya ketinggalan. Dikepung warga saya ditangkap,” ujar bapak empat orang anak ini.

Kapolsek IB I Kompol Masnoni didampingi Kanit Reskrim Iptu Azwan menuturkan, rumah yang dibobol saat sedang ditinggal pemiliknya mudik lebaran. Korban mengetahui ada pencuri dari pemberitahuan yang terkoneksi dengan aplikasi alarm sunyi di ponselnya saat pelaku mencongkel jendela rumah.

Lalu korban memberitahu tetangganya untuk segera meringkus pelaku yang masih ada di dalam rumah. “Dari laporan warga, kami langsung mendatangi lokasi dan mengamankan tersangka. Sedangkan dua lagi masih dalam pengejaran,” ujarnya.

Masnoni mengimbau kepada warga untuk memasang alarm seperti yang dilakukan di rumah korban agar bisa mengetahui bila pelaku pencurian masuk ke dalam rumah. Bila tidak, minimal bisa menitipkan kepada tetangga sehingga bisa dipantau. (Edp)


Share To:

redaksi

Post A Comment: