Dapatkan 6 Manfaat Ini dari Matahari Pagi
Infosekyu.com- Mungkin selama ini Anda ragu berjemur di bawah matahari pagi karena belum mengenal beragam manfaatnya. Di antara sekian banyak manfaat sinar matahari pagi, enam manfaat ini pasti membuat Anda semakin yakin untuk tidak melewatkannya lagi:

Mempercepat Penyembuhan Penyakit Kulit
Ternyata berjemur dapat mempercepat penyembuhan berbagai penyakit kulit kronis. Berbagai penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan radang jerawat pun akan berangsur-angsur sembuh. Selain itu, bekas luka akibat penyakit kulit akan lebih cepat sembuh jika kulit Anda senantiasa terkena sinar matahari pagi. Warna kulit pada bekas luka akan kembali merata dan membuat Anda kembali percaya diri.
Melancarkan Sistem Peredaran Darah
Pembuluh darah yang terkena sinar matahari pagi akan melebar hingga ukuran maksimal. Pelebaran pembuluh darah tentu akan melancarkan sistem peredaran darah secara keseluruhan. Darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi dari dan ke seluruh tubuh tidak akan terhambat. Jantung juga akan selalu sehat karena tak perlu bekerja ekstra keras saat mempompa darah.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Paparan sinar matahari pagi yang mengenai tubuh juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi melatonin. Hormon ini sangat penting bagi kualitas tidur Anda. Jika tubuh memproduksi hormon melatonin dalam jumlah cukup, risiko insomnia akan menjauh dari. Anda pun bisa tidur lebih nyenyak pada malam hari.

Memperbaiki Mood
Sudah tahu belum kalau sinar matahari pagi juga ampuh memperbaiki mood? Hal ini dapat terjadi karena sinar matahari pagi mendukung produksi hormon serotonin dalam tubuh. Hormon tersebut berperan penting sebagai neurotransmitter otak untuk mengatur suasana hati. Bila otak Anda memiliki hormon serotonin dengan jumlah yang mencukupi, konsentrasi dan suasana hati pun akan semakin stabil. Produktivitas Anda pasti terjaga dengan baik saat beraktivitas sepanjang hari.

Mendukung Proses Pembentukan Vitamin D
Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dari aneka makanan seperti kacang-kacangan, ikan, dan susu. Namun, sumber vitamin tersebut harus diolah kembali dalam tubuh agar menghasilkan vitamin D yang siap diserap tubuh. Karena itu, tubuh Anda membutuhkan sinar matahari pagi untuk mendukung proses pembentukan vitamin D.
Paparan sinar matahari pagi selama 10-15 menit dapat menghasilkan 1.000-3.000 unit internasional (IU) vitamin D pada tubuh. Risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes, osteoporosis, rakhitis, dan kanker paru-paru akan menjauh dari tubuh Anda.

Mempertahankan Daya Tahan Tubuh
Sebuah penelitian kesehatan menyatakan orang yang memperoleh sinar matahari pagi dengan intensitas seimbang terbukti memiliki daya tahan tubuh lebih baik. Hal ini dapat terjadi karena sinar matahari pagi mendukung produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih tersebut berfungsi melawan zat asing (jamur, bakteri, dan mikroorganisme lainnya) yang berisiko menimbulkan penyakit. Sekarang, jangan lupa meluangkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi secara teratur. Ketika Anda berjemur. (im)
x
Share To:

Post A Comment: