Waspada, Ini 7 Tanda Pria Alami Depresi (Tanongsak Panwan/Shutterstock)
Sekayu, Infosekayu.com - Sejumlah studi menunjukkan bahwa pria dan wanita memiliki perbedaan dalam pola gejala depresi, demikian dilansir Verywell Mind. Kesedihan, misalnya, diekspresikan berbeda pada pria dan wanita. Peneliti menemukan wanita lebih sering menunjukkan tanda-tanda emosi yang terlihat, seperti menangis, sementara pria cenderung lebih kaku.
Ada juga sebuah studi yang menyatakan bahwa pria lebih lekas marah saat depresi. Mereka dua kali lebih sering mengalami serangan kemarahan dibandingkan wanita.
Ada kemungkinan, perbedaan gejala antara pria dan wanita ini terjadi karena peran gender tradisional yang menyediakan ruang bagi wanita untuk mengutarakan perasaan mereka, sedangkan pria dituntut untuk senantiasa kuat. Ketika pria seolah tidak diizinkan untuk mengekspresikan perasaan mereka dengan bebas, perasaan-perasaan tersebut akhirnya meluap ke permukaan dalam bentuk lain, seperti marah-marah.
Selain menjadi lekas marah dan tampak lebih agresif, berikut ini gejala depresi lainnya yang bisa dialami oleh pria:
  1. Kelelahan

Orang dengan depresi mengalami serangkaian perubahan fisik dan emosional. Mereka dapat mengalami kelelahan dan masalah psikomotor yang menyangkut perlambatan gerakan fisik, ucapan, dan proses berpikir. Menurut Josh Klapow, PhD, seorang psikolog klinis, pria lebih sering melaporkan kelelahan dibandingkan wanita.
  1. Terlalu banyak tidur atau kurang tidur

Masalah tidur, seperti insomnia, terbangun pada dini hari, atau tidur berlebih, atau tidur berlebih, adalah gejala depresi yang umum. Beberapa orang dengan depresi bisa tidur 12 jam per hari dan tetap merasa lelah. Seperti kelelahan, masalah tidur adalah satu dari gejala utama depresi pada pria.
  1. Sulit konsentrasi

Retardasi psikomotor yang terjadi saat depresi dapat memperlambat kemampuan memproses informasi, sehingga mengganggu konsentrasi pada pekerjaan atau tugas lainnya. Hal ini terjadi karena ketika depresi, Anda akan terus memikirkan hal-hal buruk dan dalam keadaan tertekan, otak akan seperti CPU komputer yang lantas tidak berfungsi dengan baik.
  1. Sakit perut atau sakit punggung

Sakit perut atau sakit punggung adalah gejala yang umum terjadi pada orang dengan depresi. Tapi sayangnya, pria sering tidak menyadari bahwa kedua masalah tersebut bisa berhubungan dengan depresi. Karena itu, jika Anda terus-menerus mengalami sakit pada fisik tanpa alasan yang jelas, mungkin itu bisa disebabkan oleh depresi atau gangguan mental lain.
  1. Penyalahgunaan alkohol

Seorang pria dengan depresi sering kali menutupi perasaan-perasaan mereka yang tak nyaman dengan alkohol atau substansi lainnya. Ini dijadikan strategi bagi pria untuk merasa aman, ketimbang mencari pertolongan medis yang mungkin akan lebih merepotkan bagi mereka. (IM)
Share To:

redaksi

Post A Comment: