JAKARTA- Sebagian wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dikelilingi oleh Sungai, sedikitnya 7 aliran sungai yang berada di Bumi Serasan Sekate tersebut. Pengembangan kawasan sungai dan budidaya ikan juga terus digencarkan oleh Bupati Muba Dodi Reza sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga Muba yang berpenghasilan dari nelayan. Dalam kaitan tersebut, Dodi Reza yang juga merupakan mantan anggota DPR RI dua periode itu berencana akan menjadikan Kabupaten Muba sebagai sentra kawasan budidaya perikanan dan memfasilitasi warga masyarakat mulai dari program hulu dan hilirisasinya. 

Oleh sebab itu, Kandidat Doktor Universitas Padjajaran tersebut mendatangi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan berjumpa langsung dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang didampingi Sesdit Perikanan Tangkap KKP Yuliadi, Dirjen Budidaya KKP Slamet Subiyakto, dan Badan Riset SDM KKP Syarif di Ruang Rapat Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Jakarta, Rabu (27/11/2019). 

"Target Pemkab Muba, di Muba ini nantinya bisa menjadi sentra kawasan budidaya perikanan baik dari sisi hulu dan hilirnya," ungkap Bupati Muba Dodi Reza. 

Dikatakan, upaya yang telah disiapkan saat ini dengan telah disiapkannya anggaran untuk pembangunan pabrik pakan ikan dan terus mengembangkan cluster perikanan budidaya. "Di Muba ini sudah banyak desa-desa yang mengembangkan kawasan budidaya perikanan diantaranya di Kecamatan Plakat tinggi, Sekayu, Lais, dan Batanghari Leko. Tentu untuk memaksimalkan apa yang sudah dilakukan warga ini kita harus lebih lagi mensupportnya, untuk itulah Pemkab Muba harus meminta bantuan dengan KKP," terangnya.

Dodi merinci, implementasi pembangunan dan pengembangan perikanan Musi Banyuasin sampai dengan tahun 2021 setidaknya diperlukan
anggaran sebesar Rp 85,75 Miliar. "Kalau ini nantinya berjalan sesuai dengan yang diharapkan tentu tidak hanya Muba menjadi sentra kawasan budidaya perikanan saja, namun tingkat kesejahteraan warga Muba yang berpenghasilan dari perikanan dapat meningkat," ulasnya.

Ia menambahkan, upaya program yang digencarkan ini juga salah satu bentuk komitmen Pemkab Muba untuk mendukung KKP dalam mengurangi angka stunting dengan mengkonsumsi ikan.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo mengapresiasi langkah Pemkab Muba dibawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza dalam upaya memaksimalkan program pengembangan budidaya perikanan. "Yang jelas warga Muba itu kalau difasilitasi pasti akan giat, tidak ada alasan KKP untuk tidak mengalokasikan bantuan pengembangan budidaya perikanan di Muba. Prinsipnya KKP akan siap memfasilitasi Pemkab Muba," tegasnya.

Menurutnya, fasilitas sarana dan prasarana yang akan disiapkan Pemkab Muba nantinya akan di back up oleh KKP dengan all out. "Intinya kami akan mendukung program pak Bupati, persiapan yang akan dijalankan nanti akan siap di support. Ini juga sangat selaras dengan program dan target Kementerian Kelautan dan Perikanan," pungkasnya.
Share To:

Post A Comment: